Terapi Istighfar Pembersih Jiwa

By | Juni 27, 2019

Pada masa sekarang ini banyak sekali bermunculan tabib, paranormal bahkan dukun tiban yang langsung ngetop. Ini semua membuktikan banyaknya orang yang punya keahlian tertentu ataupun dapat ilmu tiban dan mereka punya tujuan yang sama yaitu ingin menolong terhadap sesama.

Semua umat manusia ingin selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT, oleh karena itu jika merasakan sakit atau kurang enak badan segera mencari obat/pengobatan baik secara medis atau non medis misalnya alternatif.

Usaha manusia demi kesehatannya diupayakan dengan berbagai macam cara bahkan ada yang mengeluarkan biaya tak terhitung jumlahnya. Kesehatan sangat mahal harganya. Untuk itulah, saya telah menemukan cara efektif tanpa biaya, sehingga berusaha menyusun catatan kecil ini sebagai tambahan pengetahuan dan bisa dibuktikan hasilnya, yaitu ” THERAPI ISTIQHFAR ” Memohon Ridho Illahi Robby.

Betapa pentingnya istighfar dalam hidup kita sehari-hari, karena istighfar mampu memberikan energy sehingga menggetarkan hati nurani (Qolb) menjadi lebih bersih dan jernih. Istighfar telah merontokkan kotoran dosa-dosa kita. Istighfar sebagai sabun pembersih hati/jiwa.

PENGERTIAN ISTIGHFAR

 

Secara harfiah istighfar artinya memohon ampun, yaitu memohon ampun kepada Allah dengan mengucapkan kalimat ASTAGHFIRULLAH yang artinya “Ya Allah, ampunilah… atau “Aku memohon ampun kepada Allah.

Kalimat istighfar boleh diucapkan dalam bahasa arab atau dalam bahasa lain yang maknanya sama yaitu memohon ampun kepada Allah Swt.

Istighfar adalah ucapan kata-kata yang berisikan permohonan ampun kepada Allah.

Istighfar merupakan amaliyah ibadah yang luar biasa dan umat islam banyak yang belum memahami secara detail betapa dahsyat dan ajaibnya istighfar.

Istighfar merupakan suatu ikhtiar dalam mencapai kesucian jiwa dari segala keruwetan benang masalah dan membersihkan endapan dosa, sehingga jarak hubungan antara kita sebagai makhluk dan Sang Khaliq terasa semakin dekat ( Hablum Minnanas dan Hablum Minaallah).

Dalam Istighfar terkandung makna taubat, Dalam taubat terkandung makna Istighfar

Istighfar sebagai usaha untuk menghilangkan atau mencegah terjadinya kemudaratan, sedang taubat adalah usaha pengambilan manfaat.

Istighfar adalah teknik kunci untuk mengosongkan atau membersihkan hati dari limbah yang tidak perlu. Istighfar adalah membersihkan hati dan menjadikan jiwa sebagai Nafsul Muthmainnah, maka beristighfar pun secara otomatis akan mengaktifkan berbagai mutiara hati yang bersemayam di dasar samudera jiwa.

Dari Abi Bakar ra., Rasulullah Saw bersabda, “ Selalulah mengucapkan La ilaha illallah dan istighfar ( Astaghfirullahal adzim) karena sesungguhnya iblis berkata “ Aku telah membakar manusia dengan dosa-dosanya, tetapi mereka membinasakan diriku dengan kalimat dzikir dan istighfar. Setelah ketidak berdayaan diriku dengan bacaan itu akupun membinasakan mereka melalui hawa nafsunya, sedangkan mereka menduga bahwa mereka berada dalam petunjuk.” (HR.Abu Ya’lu)

Itu sebabnya, di Al-Quran kita disuruh untuk bersegera beristighfar kepada ALLAH. Karena sesungguhnya istighfar itu adalah PINTU hadirnya rahmat dan karunia dari ALLAH SWT. Istighfar adalah salah satu bentuk dzikir atau dzikrullah yang sangat sering dilakukan oleh Rosulullah saw. Istighfar ini memang dahsyat, ia mampu menjadi washilah agar kita keluar dari berbagai problema kehidupan kita. Atas kehendakNya, maka Istighfar bisa membantu kita keluar dari berbagai kesempitan hidup yang tengah kita rasakan. Banyak sekali kesempitan hidup yang kini mungkin saja sedang kita rasakan, beberapa diantaranya :

Hidup tidak tenang /sering gelisah

Waswas / sering takut/cemas

Trauma

Jengkel menghadapi anaknya yang bandel

Dikelilingi oleh orang-orang yang menjengkelkan

Emosi tidak stabil

Sering dizalimi oleh orang

Pernikahan tidak harmonis

Banyak hutang dan sulit melunasinya

Dimusuhi banyak orang dengan alasan yang tidak jelas

Ragu saat pengambilan keputusan

Susah memiliki anak atau keturunan

Susah dapat kerja

Mudah sakit, seperti mudah masuk angin, maag, asma, migrain, sakit kepala utuh, dan alergi kulit

Rejeki seret dan terasa mampet

Anak sulit diatur

Dsb

 

Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikannya, niscaya Allah Swt akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatan itu. Maka Allah mengampuni siapa saja yang dikehendaki-Nya.

Mari kita OBATI berbagai kesempitan hidup yang membuat dada ini terasa sempit dan sesak dengan melakukan dzikir/terapi ISTIGHFAR dengan tulus dan sepenuh hati. OBATI dengan istighfar sekarang juga.

ANJURAN DAN PERINTAH UNTUK ISTIGHFAR

 

“Dan mintalah ampun kepada Allah. Sungguh Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS.An-Nisaa’ 4:106)

 

“Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia memohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”(QS.An-Nisaa’ 4:110)

 

Dan (dia berkata):”Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kemu berpaling dengan berbuat dosa.” (QS.Huud 11:52)

 

“Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertobatlah kepada-Nya.Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Pengasih.” (QS.Huud 11:90)

 

“Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.” (QS.Al Mukmin 40:55)

 

“Hampir saja langit itu pecah dari sebelah atasnya (karena kebesaran Tuhan) dan malaikat-malaikat bertasbih serta memuji Tuhannya dan memohonkan ampun bagi orang-orang yang ada di bumi. Ingatlah, bahwa sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS.Asy Syuura 42:5)

 

“Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan (Yang Haq) melainkan Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosan) orang-orang Mu’min, laki-laki dan perempuan. Dan Allah Mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat tinggalmu.” (QS.Muhammad 47:19)

 

Maka aku katakan kepada mereka:”Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun,” (QS.Nuh 71:10)

“Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malan dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberikan keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur’an. Dia mengetahui bahwa aka nada diantara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah: dan orang-orang yang lain lagi yang berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur’an dan dirikanlah sembahyang, tunaikan zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah: sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS.Al Muzzammil 73:20)

 

“Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanlahmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.” (QS.An Nashr 110:3)

 

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seperti langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang

“Maka orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, bagi mereka ampunan dan riski yang mulia.” (QS.Al Hajj 22:50)

PENGERTIAN TERAPI ISTIGHFAR

 

Terapi istighfar adalah berobat dengan cara istighfar. seperti yang pernah kita dengar dalam pengajian, seorang Kyai menyampaikan bahwa “sesungguhnya Al-Qur’an telah menunjukkan penyakit kalian dan obatnya. Adapun penyakit kalian adalah dosa, sedangkan obatnya adalah istighfar.” Beliau kutip dari kitab.

Sebagian ulama juga berkata, “Senjatanya orang-orang yang berdosa adalah tangisan dan istighfar. Barangsiapa yang hatinya gelisah karena dosanya, maka perbanyaklah istighfar.”

Terapi istighfar juga sebagai pembersih ibaratnya sabun, maka dengan istighfar pula hati yang kotor dan berkarat bisa dibersihkan.Terapi istighfar sebagai sabun yang murah dan tidak ada di toko manapun , namun banyak manusia yang belum menyadari hal tersebut. Istighfar sangat mudah dilakukan tidak perlu pergi kemanapun. Istighfar adalah sabun terapi yang tidak nampak tapi bisa dirasakan getarannya dalam kalbu saat melakukan terapi. Jika belum merasakan getarannya maka sabun tersebut belum bekerja maksimal sebagai terapi.

Terapi istigfar juga berarti usaha untuk memulihkan kesehatan orang yang sedang sakit, pengobatan penyakit, perawatan penyakit dengan teknik bacaan istighfar (Astaghfirullah). Terapi Istighfar adalah memasukkan kata/ kalimat istighfar ke dalam relung hati secara perlahan dan tulus.

MANFAAT TERAPI ISTIGHFAR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

 

Mengungkap Masalah

Meringankan Sakit Kepala ( bahkan bisa menyembuhkan).

Meringankan beban pikiran (stress sedang).

Menjadikan hati lebih lapang dada (tawakkal pada Allah).

Mempertebal Iman.

Mempermudah Konsentrasi.

Menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri

Menerapi penyakit/rasa sakit pada organ tubuh yang lainnya.

Mudah dilakukan tanpa effek samping

Tanpa biaya dan tidak perlu ke mana-mana.

Semakin mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

Mempunyai rasa optimis untuk sembuh dan menjaga kesehatan.

Semakin semangat dalam belajar/bekerja.

Merasa Hidup lebih berarti dan ceria selalu.

Keberhasilan selalu menyertai ANDA

 

Selain yang tersebut diatas manfaat terapi istighfar adalah:

Motivasi Untuk Taqwa Kepada Allah Swt

Motivasi Untuk Berbakti Kepada Orang Tua

Motivasi Untuk Sehat/Sembuh

Motivasi Untuk Sukses

Motivasi Untuk Berperilaku Positif

Motivasi Untuk Berucap Kalimat Toyibah

Memunculkan Berbagai solusi Pemecahan Masalah

Penawar Berbagai Penyakit Jiwa

 

Tata Cara Terapi Istighfar (Langkah-langkah Therapi Istighfar)

( Dipandu atau dilakukan sendiri)

Duduk rileks atau bisa juga berbaring

Baca ta’awud (A’adzubillahiminaas syaithonnirojim)

Baca Basmalah (Bismillahirohman nirohiim)

Tarik nafas 3x ( Membayangkan Allah berada di hadapan kita)

Niat ( membersihkan hati, menghilangkan penyakit hati dan mensucikan hati)

Baca Istiqhfar sambil tarik nafas perlahan-lahan lakukan 3x

Sambil baca istiqhfar membayangkan hati kita berada dalam kotak kaca (prisma,limas, atau kubus).

Baca Istiqhfar dan masukkan dalam hati yang berada dalam kaca tersebut.

Rasakan masuknya istiqhfar hingga terasa telah menyentuh hati.

Jika belum bisa masuk dan merasakan getaran dalam hati, maka lebih . kosentrasi lagi dan terus lakukan tanpa putus asa.

 

Istighfar sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah sehingga mendapatkan pertolongan berupa kelapangan atau jalan keluar dari segala kesulitan hidup. Dengan selalu beristighfar secara ikhlas dan sungguh-sungguh akan memberikan bekas di hati dan jiwa, ketaatan yang sudah ada dapat terpelihara, bahkan akan menyebabkan peningkatan ketaatan dan ketakwaan seseorang.

Membiasakan istighfar dalam keadaan apapun, saat senang dan susah, saat sempit maupun lapang, memang lebih baik bagi kita tanpa keraguan lagi. Terapi istighfar termasuk salah satu cara saja yang mungkin jarang dilakukan orang kebanyakan, karena ada semacam model meditasi, lebih fokus dan kosentrasi (khusyuk).

“Barangsiapa memperbanyak istighfar, maka Allah akan membebaskannya dari kesempitan perasaan (diberi kegembiraan dan kemudahan urusan) dan memberinya rezeki dari arah yang tak terduga.” (HR Abu Daud).

Istighfar merupakan obat manjur dan terapi yang efektif untuk menghilangkan dosa atau kesalahan. Istighfar adalah permohonan untuk diampuni kesalahannya. Mari beristighfar dimanapun, kapanpun, dan saat apapun.

Semoga Allah Swt mengampuni kami dari setiap dosa yang disebabkan kesalahan menulis dan mengampuni kami dari semua ucapan yang tidak sesuai dengan perbuatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Al-Qur’An dan Terjemahan,

Mukhtarul Hadist,

Asy Syahawi, Majdi Muhammad, 2009. Rawai’Al-Istighfar bil-Ashar (terjemahan) Solo: Albayan.

Syadi, Dr. Khalid Abu, 2004. Indama Yafrahuur Rabbu (terjemahan) Jakarta: Gema Insani Press.

Syafi’I, Abdullah, 2012. Kesalahan-Kesalahan Istighfar Buatmu Sulit Menghindari Dosa.Jogjakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI).

Thalib, Muhammad, 2001. Tuntunan Istighfar dan Tobat, Yogyakarta: Ma’alimul Usroh.

Asy Syahawi, Majdi Muhammad. 2009. The Secret of Istighfar (Terjemaahan), Jakarta: Gema Insani Press.

Laksono, Hilmy, 1998. Keutamaan Istighfar. Jakarta: Gema Insani Press.

Hartanto, Ustad Ihsan, 2011. Zikir-Zikir Mahadahsyat, Bantul: Syura Media Utama.

Hammam, Hasan bin Ahmad, 2011 At-Tadawi bi Ash-Shadaqah At-Tadawi bi al-Istighfar. (terjemahan), Jakarta: Darul Haq.

Binti ‘Abdul ‘Aziz,Fatin.2005. 35 Sebab Diampuninya Dosa Berdasarkan Al-Qur’An dan Sunnah Nabi SAW. (terjemahan). Bandung: Hasyimi.

Hammam Hasan bin Ahmad, , 2012. At-Tadawi bil Istighfar (terjemahan), Solo: Kiswah Media.

Hammam, Hasan bin Ahmad, 2006. At-Tadawi bil Istighfar. Solo:Mumtaza.

Al-Iskandari, Ibnu Atha’ilalah,2014. Al –Hikam.Jakarta:Turos.

25 dahsyatnya istighfar Saif Al Battar (Arrahmah.com/ Kamis, 16 Jumadil Awwal 1434 H / 28 Maret 2013 11:40)

Hasan bin Ahmad Hamam, Dahsyatnya Istighfar, Mumtaza, Solo 2013

Syaikh Aidh bin Abdullah Al Qarni, Obat Penyakit Hati, Pustaka Al Kautsar, 1994

Ustad Yusuf Mansyur, The Secret of a Happy Life, Zikrul Hakim, Jakarta Timur, 2012

Dr. Muhammad bin Hasan Asy Syarif, Manajemen Hati, Darul Haq, Jakarta 2004

Drs.Muhammad Thalib, Tuntunan Istighfar dan Tobat, Ma’alimul Usroh, Yogyakarta 2002

Drs. Ahmad Husain Salim, Menyembuhkan Penyakit Jiwa dan Fisik, Gema Insani, Jakarta 2009

Tinggalkan Balasan