Atasi Pilek Anak Tanpa Obat

Cuaca yang tidak menentu menjadikan tubuh mudah diserang penyakit pilek. Penyakit ini merupakan hasil dari infeksi virus pada saluran pernafasan. Terutama bagi anak-anak, penyakit pilek mudah menular kepada mereka. Pilek merupakan penyakit ringan yang bisa sembuh sendiri dalam 7 hingga 10 hari. Namun jika dirasa gejala yang terjadi parah, Anda sebaiknya segera memberikan obat pilek untuk bayi yang aman.

Saat si kecil pilek, sebenarnya bisa diatasi tanpa obat. Penyakit ini memang bisa sembuh sendiri jika anak Anda istirahat dan mendapat nurtrisi yang cukup. Supaya pilek bisa segera reda, terdapat beberapa perawatan rumahan yang bisa Anda. Pengobatan rumahan ini merupakan cara alam untuk mengatasi pilek pada anak supaya tidak perlu menggunakan obat-obatan kimia.

Cara Mengatasi Pilek Anak Tanpa Obat

1. Menghirup Uap Panas

Virus pilek membuat pembengkakan pada saluran hidung dan saluran lapisan sinus. Pembengkakan ini membuat anak mengalami gejala bersin dan mata sakit. Uap panas diyakini mampu meredakan pilek. Ajak anak Anda menghirup semangkuk air panas yang sebelumnya telah diberi tetesan minyak kayu putih atau minyak hangat lainnya. Ini akan membuat hidung yang pilek menjadi lebih lega.

2. Mengkonsumsi Minuman Hangat

Minuman hangat mampu meredakan pilek. Melalui konsumsi air hangat, mampu menciptakan aliran udara pada hidung yang tersumbat. Cara ini mampu menurunkan derajat penyumbatan saat sedang pilek sehingga menjadi lebih segar. Selain itu minuman hangat membuat batuk dan sakit tenggorokan menjadi lebih ringan.

3. Makan Sup Ayam atau Kari

Sup ayam yang hangat membuat hidung menghirup uap aromatik sehingga melegakan pernafasan. Selain itu sup juga membuat tubuh terhidrasi dan membuat nyaman. Daging ayam pun dipercaya memiliki anti virus terutama yang kulitnya tertinggal.

4. Ajak Anak untuk Lebih Bersantai

Pada dasarnya saat pilek memang disarakan untuk beristirahat supaya lekas sembuh. Bersantai-santai pilek membuat anak menjadi rilek dan imunitasnya meningkat. Buat anak senyaman dan sesantai mungkin sehingga bisa beristirahat dengan baik dan segera sembuh dari gejala pilek.

5. Minum air yang banyak

Pengobatan yang baik saat pilek adalah mengkonsumsi banyak minum untuk menghindari dehidrasi. Saat pilek anak sering dehidrasi karena demam, dan air ingus yang keluar serta keringat dingin. Untuk menghindarinya, dibutuhkan banyak minum untuk mengganti cairan yang dikeluarkan. Air minum yang cocok untuk berikan adalah air mineral.

6. Madu

Mengkonsumsi madu sangat efektif untuk menghentikan gejala pilek. Madu mampu menambah daya tahan tubuh. Berikan madu saat malam hari menjelang tidur. Madu ini efektif untuk meredakan batuk. Namun madu tidak disarankan diberikan untuk bayi di bawah usia 1 tahun. Ikuti juga aturan untuk memberikan madu ke anak. Anda bisa memberi Obat pilek ampuh yang tidak ngantuk pada anak.

Leave a Comment