Tiga Mitos Tentang Haid yang Masih Beredar di Masyarakat

 

Sebelum munculnya ilmu pengetahuan dan kedokteran, agama adalah satu-satunya sumber dalam menjelaskan kejadian-kejadian alami. Bagaimana kamu menjelaskan mengapa wanita mengalami pendarahan setiap bulan saat mereka tidak hamil? Kebanyakan agama besar memberikan putaran negatif pada menstruasi, menjadikannya waktu ketidaksucian pada wanita. Konsep wanita menstruasi yang najis, tidak murni, atau bahkan berpotensi jahat, menyebabkan praktik-praktik budaya yang mengisolasi dan mengesampingkan mereka. Pandangan-pandangan menstruasi yang ketat dan menghakimi ini telah memudar di sebagian besar budaya. Namun, masyarakat masih menempelkan tabu sosial pada menstruasi.

Sekarang mengakses informasi mengenai menstruasi sangat mudah dengan internet. Mulai dari cara mengatasi dismenore saat haid hingga bisa membeli barang seperti heater pads melalui daring ifreeindonesia.com membuktikan bahwa teknologi membawa kemudahan. Dalam beberapa dekade terakhir, banyak informasi yang salah beredar dan menstruasi jarang dibicarakan kecuali dari mulut ke mulut. Kelas-kelas kesehatan di sekolah berusaha mengisi kesenjangan informasi yang pada akhirnya tidak efektif. Biasanya, informasi apa pun yang didapatkan berasal dari ibu atau pacar. Banyak dari informasi ini didasarkan pada sisa-sisa kepercayaan agama yang dicampur dengan beberapa pengamatan praktis oleh leluhur perempuan kita. Pada artikel ini akan kita bahas mengenai mitos apa saja yang telah beredar di masyarakat dan masih dipercayai hingga kini bagi sebagian wanita.

Pertama, larangan keramas saat menstruasi. Ini adalah salah. Sama sekali tidak ada alasan untuk tidak keramas selama menstruasi. Faktanya, mandi air hangat yang baik dapat melakukan banyak hal untuk meredakan kram menstruasi dan ketegangan pramenstruasi.

Kedua, tidak boleh berenang saat haid adalah salah. Sangat aman untuk berenang selama haid. Kemungkinan, mitos ini dimulai pada hari-hari sebelum tampon atau cangkir menstruasi populer. Ini adalah masalah kebersihan untuk berenang tanpa perlindungan feminin.

Ketiga, tidak boleh berolahraga atau melakukan aktivitas berat selama periode adalah salah. Itu hanya diperlakukan sebagai waktu ketika wanita “sakit.” Wanita menstruasi beristirahat, tinggal di rumah, dan tidak bersosialisasi. Pandangan tentang menstruasi ini jelas ditinggalkan dari pandangan dan praktik keagamaan yang lebih ketat. Menstruasi adalah hal normal bukan kecacatan.

Leave a Comment