Sebelum Mengambil Kuliah Online, Karyawan Perlu Memperhatikan Hal Ini

Foto: Pexels.com

 

Ketika seorang karyawan ingin mengambil kuliah lagi, tentu ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Tentu pekerja akan memikirkan bagaimana bisa lancar kuliah namun tetap mengurus pekerjaannya dengan baik. Belum lagi harus memulainya semua dari awal, termasuk beradaptasi dalam belajar.

Kuliah online seringkali dianggap sebagai solusi bagi para pekerja. Apalagi kuliah jenis ini sekarang makin berkembang. Seperti dengan penyediaan kelas karyawan. Sehingga pekerja tidak perlu terlalu khawatir karena kuliahnya memang sudah dirancang khusus untuk mereka.

Akan tetapi, sebelum mengambil kelas online, tentu ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Khususnya bagi karyawan yang perlu membagi waktu antara kuliah dan kerja. Berikut sederet tips yang dapat dilakukan karyawan sebelum mendaftar kuliah online.

Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Cari tahu jurusan kuliah yang memberi pengetahuan, hasil belajar dan peluang karier seperti keinginanmu. Ketahui pula universitas yang membuka jurusan tersebut secara online. Kemudian kamu bisa mencari situs penyedia layanan kuliah tersebut, sambil mengecek info didalamnya.

Pastikan kamu menggali informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai tempat, sebelum berkomitmen mendaftar kuliah. Termasuk bertanya pada orang yang sedang menjalaninya atau alumni. Sehingga mereka bisa menceritakan bagaimana menyeimbangkan kuliah dan kerja. Lebih jauh lagi kamu bisa berkonsultasi dengan fakultas, universitas, hingga penyedia layanan kuliah online. Riset mendalam dilakukan supaya tidak ada penyesalan di kemudian hari yang membuatmu ingin berhenti di tengah jalan.

Pilih yang Sesuai

Kamu perlu berpikir realistis terkait program yang cocok bagimu. Baik yang sesuai dengan tujuan pendidikan dan kehidupan sehari-harimu. Agar cita-cita tercapai sekaligus ada keseimbangan dalam hidup. Sebaiknya cari kurikulum yang bisa menyesuaikan jadwalmu. Adanya program secara online tentu menambah kemudahan bagi pekerja untuk membagi jadwal.

Oleh karena itu kamu bisa mempertimbangkan kelas karyawan yang tersedia online. Program ini memang sengaja dirancang bagi pekerja profesional. Kuliah diisi oleh mahasiswa dengan pengalaman kerja. Biasanya perkuliahan pun dibuat lebih selaras dengan kebutuhan profesional. Tentu kamu jadi lebih mudah beradaptasi.

Buat Persiapan

Setelah mengetahui program yang diinginkan, kamu perlu membuat persiapan. Cari tahu apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar. Mulai dari berkas pendukung, tes masuk hingga biaya kuliah. Ketahui juga deadline pendaftaran sehingga kamu bisa menyiapkan lebih awal.

Dengan perencanaan lebih dulu, kamu bisa lebih mengatur bagian kehidupan lainnya. Seperti waktu membuat tugas kantor, bercengkrama dengan keluarga dan bertemu teman. Kedisiplinan ini juga berguna ketika kamu nanti sudah memulai kuliah.

Ciptakan Keuntungan dari Kuliah Sambil Bekerja

Karyawan yang mengejar pendidikan seringkali memberi keuntungan pada perusahaan tempatnya bekerja. Sehingga banyak perusahaan yang menawarkan pendidikan bagi karyawan. Kamu bisa mencari tahu lewat konsultasi dengan atasan atau pihak kantor lainnya.

Bicara secara terbuka bagaimana kuliahmu bisa menambah manfaat bagi pekerjaan di sana. Siapa tahu perusahaan bisa membantu biaya kuliah atau setidaknya mereka lebih toleran dalam pekerjaan saat tahu kamu berniat kuliah.

Namun perlu diingat kamu tetap harus memisahkan pekerjaan dan kuliah. Prioritaskan keduanya, jangan sampai berat sebelah. Hindari menghabiskan waktu kerja untuk membuat tugas kuliah, begitu pula sebaliknya. Itulah kenapa kamu perlu mengatur waktu sebaik mungkin ketika memutuskan kuliah sambil kerja.

Komunikasikan dengan Orang Sekitar

Tidak mudah menjalani kuliah sambil kerja. Sebelum memutuskannya, sampaikan pada orang di sekitarmu. Mulai dari keluarga, sahabat, rekan kerja, hingga atasan. Supaya mereka tahu tujuan dan komitmenmu. Mereka juga bisa memberi masukan sekaligus dukungan selama kamu menjalani kuliah.

Support system ini sangatlah berharga. Sehingga jaga terus hubungan dengan mereka. Merekalah yang dapat memberi semangat dan motivasi jika nanti kamu merasa kewalahan dalam karir dan kuliah. Jangan lupa tetap atur waktu dengan orang terdekat meski jadwal kamu semakin padat.

Belajar Mengatur Waktu

Ketahuilah apa yang menjadi prioritas kamu. Kemudian buat perencanaan yang sesuai. Ketika nantinya mengambil kuliah, kamu perlu menyelipkan waktu belajar dan mengerjakan tugas di antara jadwal kantor. Baik sebelum kerja, waktu kosong di kantor atau sepulang kerja. Belum lagi konsekuensi dimana kamu perlu mengurangi waktu bersama keluarga dan teman untuk memenuhi hal tersebut.

Cari tahu seberapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk urusan perkuliahan, lalu persiapkan jadwal harian. Tentunya setiap orang bisa berbeda-beda. Ada yang suka belajar sebentar tiap malam atau ada yang belajar lebih lama tapi tidak tiap hari. Ketika sudah mengatur jadwal, sampaikan ke orang terdekat agar mereka bisa memaklumi dan tahu waktu kosongmu.

Ketahui Cara Belajar yang Efektif

Ada proses pembelajaran ketika kamu kembali bersekolah. Di sana kamu mempelajari berbagai materi dan mendapat pengetahuan baru. Supaya bisa memahaminya, kamu perlu mencari tahu metode pembelajaran yang paling cocok untukmu.

Apalagi dalam kuliah online kamu dituntut untuk mandiri. Sehingga kamu perlu benar-benar mencari cara efektif dalam belajar. Misalnya membuat rangkuman materi, memakai aplikasi atau alat bantu untuk belajar dan lainnya. Ketahui dulu bagaimana proses belajar online lalu cari cara beradaptasi dengannya. Ketika sudah memulai, jangan takut mencoba-coba sampai kamu menemukan cara yang cocok.

Leave a Comment