Category Archives: Wonderful Journeys

Ijtihad Membangun Kemerdekaan, Menuju Indonesia Unggul

Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat. Indonesia merdeka tidak ada gunanya bagi kita, apabila kita tidak sanggup untuk mempergunakannya memenuhi cita-cita rakyat kita: hidup bahagia dan makmur dalam pengertian jasmani maupun rohani. Maka dengan tercapainya penyerahan kedaulatan, perjuangan belum selesai. Malahan kita berada pada permulaan perjuangan yang… Read More »

Ibrahim, Muslimin, dan Intelektualitas

  Hari Raya Idhul Adha akan segera tiba. Ingatan kita kembali ke Nabiyullah Ibrahim ‘alayhis salam. Yang harus menomorsatukan Allah di atas segalanya. Membuatnya ikhlas jika harus berpisah dengan Ismail ‘alayhis salam, putra kandungnya sendiri.   Apa yang Alquran bilang tentang Ibrahim ‘alayhis salam? Wah, banyak. Setidaknya nama Nabi Ibrahim 63 kali disebut di Alquran. Di kesempatan ini… Read More »

Terapi Istighfar Pembersih Jiwa

Pada masa sekarang ini banyak sekali bermunculan tabib, paranormal bahkan dukun tiban yang langsung ngetop. Ini semua membuktikan banyaknya orang yang punya keahlian tertentu ataupun dapat ilmu tiban dan mereka punya tujuan yang sama yaitu ingin menolong terhadap sesama. Semua umat manusia ingin selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT, oleh karena itu jika merasakan sakit atau kurang enak… Read More »

Berprestasi Dalam Dakwah

Mengenal prestasi dalam dakwah Saudara-saudara sesungguhnya apakah kita sudah paham terkait apa itu prestasi dan apa itu dakwah? Mari kita artikan, menurut kamus besar bahasa indonesia atau KBBI prestasi ialah hasil yang telah dicapai (dari yang telah dilakukan, dikerjakan). Beberapa sumber lainnya yang dapat dirangkum mengenai arti kata prestasi ini ialah pencapaian diri atau hasil dari yang telah… Read More »

Kepemimpinan Itu Dibentuk dan Dilatih

Ketika mendengar pemimpin itu dibentuk dan dilatih, ia menjadi sebuah narasi yang sudah tak asing lagi di telinga. Sebuah narasi yang mungkin cukup kontradiktif dan menuai perdebatan diantara sebagian orang. Benarkah seorang pemimpin itu hanya bisa tercipta dari proses pembentukan saja. Apakah mungkin jika pemimpin memang terlahir dengan karakter diri, atau mungkin terlahir atas kemauan pribadi yang inginkan… Read More »

Menyemai Semangat Nasionalisme

Pengertian Nasionalisme Nasionalisme adalah paham kebangsaan dari masyarakat suatu negara yang memiliki kesadaran dan semangat cinta tanah air dan bangsa yang ditunjukkan melalui sikap dan tingkah laku individu atau masyarakat. Arti nasionalisme dapat juga didefinisikan sebagai pemahaman dari masyarakat suatu bangsa yang mempunyai keselarasan kebudayaan, dan wilayah serta kesamaan cita-cita dan tujuan sehingga timbul rasa ingin mempertahankan negaranya, baik… Read More »

Keteladanan, Solusi Pembinaan Pemimpin Muda

Ketika kita bicara tentang pembinaan pemimpin muda, maka yang kita bicarakan sesungguhnya adalah tentang masa depan bangsa kita, yang kita bicarakan adalah tentang masa depan anak-anak muda kita, dan yang kita bicarakan adalah tentang apa yang bisa kita lakukan sekarang untuk menyiapkan satu rumus untuk kita bisa eksis dan memberi manfaat pada masa yang akan datang. Dasar Pembinaan… Read More »

Kisah Teladan Nabi Musa yang Inspiratif

Kalau kita sebelumnya pernah menyimak, mempelajari, mendengar kisah teladan nabi Musa. kita tahu bagaimana kisah sejak Nabi Musa yang awal hidupnya jadi target sasaran pembunuhan massal oleh fir’aun, Qadarallah malah selamat dan tiba di istana fir’aun. dicintai fir’aun , tinggal dan dibesarkan di sana sebagai seorang pangeran. still, people of egypt secretly dont like him, ya kalo diliat… Read More »

Kisah Rumah Peradaban dari Baghdad

Hari-hari kejayaan baghdad telah berlalu 1200 tahun yang lalu ketika baghdad menjadi ibukota seluruh dunia islam, selama kurang lebih 500 tahun kota baghdad menikmati hegemoni keunggulan, kemajuan ilmu pengetahuan dan budaya. Sebuah reputasi yang diraih dalam masa kepemimpinan Khalifah Al-Rashid, Al-Ma’mun, Al-Mutadhid, dan Al-Muktafi. Kota baghdad adalah kota terkaya, pusat dari pengembangan ilmu pengetahuan, kota terbesar kedua di… Read More »

Menolak Apatis

Kenapa tidak boleh apatis? Mengapa apatisme berbahaya dan tidak relevan bagi manusia? Apa saja bentuk apatisme yang berbahaya? Bagaimana praktik melatih mereduksi apatisme? ———————— Apatis merupakan sikap ketidakpedulian atas sesuatu, lawannya adalah empati. Mengapa apatisme ini harus kita lawan? 1. Manusia adalah makhluk sosial Tentu kita semua sepakat bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang memerlukan satu sama lain… Read More »

Kiai Perdana Menteri

Siapa sih yang gak kenal dengan Mohammad Natsir. Negarawan Muslim, ulama intelektual, tokoh pembaharuan dan politikus kenamaapn, itulah predikat yang bisa disematkan pada tokoh Muslim yang satu ini. Lahir pada 17 Juli 1908, di Alahanpanjang, Sumatera Barat. Ketika baru berusia 8 tahun, Mohammad Natsir belajar di HIS (Hollandch Inlandsche School) Adabiyah, Padang dan tinggal bersama makciknya. Kemudian dipindahkan… Read More »

Dakwah Islam Walisongo

Walisanga? tentu hampir semua orang pernah mendengar sebutan itu, apa sih itu walisanga ? mereka adalah tokoh – tokoh yang memiliki peran penting dalam syiar dakwah islam khususnya di tanah Jawa. Namun penafsiran kata Walisanga itu sebagian berpendapat, kata sanga (baca: songo) merupakan perubahan dari kata tsana (mulia). Maka, walisanga berarti wali wali mulia atau terpuji. Dan dalam… Read More »