Jurus Ampuh Supaya Pelanggan Loyal !!! SENYUM

Senyum bukanlah jaminan produk atau layanan yang ditawarkan adalah yang terbaik, namun layanan atau produk terbaik pasti diawali dengan senyuman.

Syarat mutlak agar pelanggan anda loyal adalah kemampuan anda untuk senyum. Ada 4 alasan mengapa senyum sangatlah penting diterapkan dan dimiliki pengusaha pada setiap berjumpa dengan pelanggan.

Pertama, senyum merupakan ketulusan. Senyum yang harusnya dimiliki tak sebatas perubahan mimik wajah saja, namun senyum harus mampu dikomunikasikan tubuh dan pikiran secara keseluruhan. Senyum juga harus mampu dipraktekkan pada kondisi tak kasat mata seperti menerima telepon. Hal ini penting mengingat persepsi customer akan kepuasan layanan/produk anda dapat berubah pada awal interaksi

Kedua, senyum bukan sekedar bayangan
Senyum merupakan refleksi dari sebuah janji produk/brand. Hal ini membentuk kesan pertama customer akan kepuasan, nyaman, dan percaya pada produk/jasa anda. Bahkan senyuman ini harus dimulai sejak pertama kali berinteraksi dan tak berakhir setelah transaksi selesai.

Ketiga, senyum pertanda kesiapan.
Senyuman bisa menjadi tanda bahwa brand siap melayani sepenuh hati dan siap menyelasikan masalah yang pelanggan hadapi. Senyuman ini juga harus dilakukan meskipun tidak berhadapan langsung dengan pasien. Misalnya pada percakapan telepon senyum ini juga wajib dilakukan.

Keempat, senyum merupakan undangan
Senyuman yang tulus, mendengar keluhan pelanggan, dan memfasilitasi apa yang pelanggan butuhkan akan membangun kepercayaan dari pelanggan. Kepercayaan dari pelanggan inilah yang akan membuat pelanggan kembali menggunakan layanan/produk anda. Bahkan tak menutup kemungkinan, pelanggan ini akan mengajak teman atau kerabatnya juga untuk menggunakan jasa/produk anda.

Kelima, senyum ibarat obat
Khususnya di bidang layanan kesehatan, seringkali ada ucapan dari pasien “ Ketemu dokternya saja udah berasa baikan” . Khususnya praktisi yang bergelut di dunia kesehatan, ditekankan sekali akan komunikasi teraupetik. Komunikasi dimana dikhususkan untuk menggiring pasien menuju kesembuhan. Salah satunya dengan tersenyum selama pelayanan berlangsung.

Leave a Comment