Tips Merawat Kulit Sensitif Newborn Baby

Bayi yang baru lahir memang cenderung memiliki kulit yang lebih sensitif dibandingkan dengan orang dewasa. Barang-barang yang bersentuhan dengan kulit bayi secara langsung ternyata bisa menjadi salah satu penyebab munculnya iritasi. Sebagai seorang ibu, Anda tentunya harus memahami bagaimana langkah-langkah yang tepat untuk merawat kulit sensitif bayi baru lahir.

Tips Merawat Kulit Kering dan sensitif

Tips Merawat Kulit Sensitif Bayi

Sebagai seorang ibu baru, pasti Anda akan sedikit merasa kebingungan bagaimana cara merawat kulit bayi baru lahir agar tetap sehat dan jauh dari iritasi. Nah, untuk itu Anda sebaiknya belajar dulu bagaimana tips merawat kulit sensitif bayi sebagai berikut:

  1. Hindari Sengatan Sinar Matahari

Bayi di bawah 6 bulan tidak boleh terkena sengatan sinar matahari secara langsung pada jam 10 pagi hingga 4 sore. Jika memang Anda terpaksa mengajaknya keluar, pastikan Anda mengoleskan krim SPF khusus bayi yang mengandung zinc oxide.

  1. Jaga Kelembaban Kulit

Pastikan untuk selalu menjaga kelembaban kulit bayi dengan mengoleskan krim pelembab khusus untuk newborn baby. Pilihlah pelembab dalam bentuk krim daripada lotion dan pastikan bebas parfume serta hypoallergenic.

  1. Cegah Ruam Popok

Segera ganti popok bayi saat sudah sangat basah atau setiap kali bayi buang air besar. Jika tidak, maka kulit bayi bisa ruam dengan ditandai munculnya bintik-bintik merah atau lecet. Gunakanlah krim pencegah ruam setiap kali Anda mengganti popok si kecil. Anda bisa menggunakan produk Sleek Diaper cream yang bisa mencegah ruam popok pada kulit bayi secara aman.

  1. Gunakan Detergent Khusus Bayi

Untuk mencegah iritasi, gunakan pula detergent pencuci pakaian khusus bayi yang memiliki kandungan bahan aktif lebih sedikit dan ber-pH netral. Sabun cuci pakaian bayi ini bisa membuat serat kain lebih halus, tidak menimbulkan bau wangi menyengat, dan juga bisa membunuh kuman-kuman pada pakaian.

  1. Jangan Terlalu Sering Dimandikan

Bayi baru lahir sebenarnya masih cukup bersih, jadi Anda tak perlu terlalu sering memandikannya. Cukup bersihkan kulit dengan lap basah 3-4 kali dalam seminggu. Untuk area mulut atau kelamin, Anda bisa membersihkan dengan menggunakan air ditambah sedikit sabun mandi bayi antibakteri. Tapi ingat, sebaiknya Anda menggunakan sabun cair dibandingkan sabun batangan.

 

Leave a Comment