Blog Single

26 Sep

Serial Peradaban Muslim : Sebuah Prolog

Kalau dipikir-pikir, saat ini sumber referensi ilmu kebanyakan buku Barat ya? Sedih gak sih? Serasa kemajuan ilmu berasal seluruhnya dari Eropa dan Islam menjadi terkucilkan perannya. Padahal, Islam tuh menyumbangkan banyak sekali ilmu loh, mulai dari kedokteran, matematika, astronomi, sains, teknologi, hingga filsafat. Kalau kamu gak yakin, ah masa sih kayak gitu? Kami bakal kasih tau di Serial Peradaban Islam. 😍

Saat ini kita melihat zaman dimana kaum muslim telah tercerabut akarnya sehingga merasa minder dengan agamanya sendiri dan lebih percaya kepada bukan dari kaumnya daripada dari kaumnya sendiri atau bahkan kepada Allah. Sedih ya, Lur. Bahkan sekarang negara-negara yang mayoritas masyarakatnya Muslim sedang terpuruk.

Padahal dahulu, dalam waktu yang singkat sekitar 60 tahun, ummat Islam yang saat itu diapit oleh peradaban besar dunia yaitu Persia dan Romawi, dapat bangkit mengungguli keduanya.

Ummat yang sebelumnya terbelakang pada zamannya, ternyata muncul dan menjadi pemenang. Aneh bukan? Tentu ada sesuatu yang menyebabkannya, ialah Islam yang menjadi dasar dibalik kebangkitan ummat di Jazirah Arab.

Sejarah tidak bisa berbohong bahwa ada suatu masa dimana Islam menyatukan hampir 1/3 wilayah di dunia (Islamic golden age). Kita masih mengingat Muhammad Al-Fatih, pemimpin yang belum berusia 21 tahun namun saat itu menaklukkan Konstantinopel. Hingga saat ini kita juga masih merasakan karya besar pemikir dan saintis Muslim seperti Al-Khawarizmi dengan teori matematikanya. Ada juga Al-Kindi dengan pemikirannya, Abul Qassim Al-Zahrawi dengan ilmu kedokterannya, Ibnu Al-Haitsami dengan ilmu optiknya dan ada Ibnu Khaldun dengan ilmu dan teori sejarahnya dan masih banyak tokoh muslim yang berkontribusi besar dalam memajukan ilmu pengetahuan.

Tak herankah kita dengan sejarah itu? Tak berpikirkah kita, mengapa pada satu sisi ada ummat yang begitu mulianya dengan Islam, sementara ummat yang lain, ummat saat ini dengan Islam yang sama, justru terpuruk? Padahal tidak ada yang berubah dari Islam. Berarti ada yang hilang dari ummat Muslim saat ini, sehingga pemuda-pemuda Islam saat ini hidup tanpa tujuan yang jelas. Banyak yang menjadi ilmuwan tanpa ilmu agama dan menjadi ahli ibadah tanpa ilmu dunia, tertipu oleh dikotomi agama dan dunia, ingin dunia ditinggalkan agama dan ingin agama ditinggalkan dunia.

Serial Peradaban Islam ini ingin menunjukkan kepada kita sejarah kejayaan Islam. Bahwa Islam memuliakan ummatnya dan muslim tidak seharusnya memisahkan urusan agama dengan dunia. Sebab inilah yang akan membuat ummat Muslim saat ini terpuruk, ketika Muslim sudah tidak lagi memegang teguh Al-Qur’an dan As-Sunnah. Semoga dengan ini semakin semangat dalam menuntut ilmu dunia dan agama πŸ™‚

Related Posts

Leave A Comment