Tentang Kami

Inspirasi Rumah Baca

Tan Malaka pernah menceritakan dalam Madilog bahwa Leon Trotzky membawa berpeti-peti buku menuju tempat pembuangannya begitu juga Soekarno dan Hatta atau Pramoedya Ananta Toer. Kegilaan terhadap buku telah membesarkan para pemimpin rakyat dan penulis besar. Situasi ini harus diperangi semampu kita dengan menggunakan berbagai pendekatan seperti budaya, agama, dan politik sekalipun. Membaca harus menjadi semangat baru bahwa membaca adalah bagian dari iman dan sebagai manifestasi sosial harus ada terobosan baru untuk menyulap perpustakaan pribadi menjadi perpustakaan komunitas. Kehadiran rumah baca ini juga diharapkan mampu mempromosikan nilai-nilai perdamaian melalui ragam buku bacaan dan karya tulis lainnya.

Nama Rumah Baca

Komunitas ini bernama Rumah Baca Pelangi Inspirasi

Awal Pendirian Rumah Baca

Berawal dari kesukaan kami terhadap buku. Kami ingin menularkan hobi dan kebiasaan literasi kepada masyarakat sekitar, khususnya anak – anak. Maka kami mendedikasikan rumah baca Pelangi Inspirasi ini sebagai taman baca, taman bermain dan belajat untuk anak anak.

Logo simbol Rumah Baca

Logo berbentuk anak bermain ceria pada rumah yang dinaungi pelangi dengan arti bahwa rumah dapat mempersatukan dan menjadi inspirasi dan manfaat.

Sifat Rumah Baca

Rumah Baca Pelangi Inspirasi ini bersifat independen, non-profit, dan tidak terikat oleh organisasi, ideologi, dan kepentingan politik organisasi tertentu.

Prinsip dan Nilai-Nilai

  1. Keadilan dan Emansipasi
  2. Anti-Diskriminasi
  3. Nir-Kekerasan
  4. Pemberdayaan Diri
  5. Volunterisme
  6. Kepercayaan
  7. Apresiasi

Visi dan Misi Rumah Baca

Rumah Baca Pelangi Inspirasi mempunyai visi yaitu menggerakkan perjuangan literasi melalui keluarga sehingga terwujud manusia berdaya emansipatif dalam membangun kehidupan yang lebih baik.

Misi Rumah Baca

  1. Menyediakan ruang literasi sebagai ruang hidup
  2. Mempromosikan nilai-nilai yang emansipatif bagi pembentukan komunitas yang lebih manusiawi melalui spirit literasi
  3. Memperkuat kehidupan komunitas melalui paradigma organik

Pendanaan

Rumah Baca Pelangi Inspirasi bersifat independen maka pendanaan berasal dari dana pribadi dan donasi. Berikut adalah beberapa nilai yang mengatur pendanaan rumah baca:

  1. Rumah baca menerima bantuan pendanaan dari pihak-pihak yang mendukung proses pembentukan yang manusiawi
  2. Rumah Baca terbuka menerima pendanaan dari pihak manapun selama yang bersangkutan (bisa dalam bentuk lembaga atau individu) tidak terlibat dalam kasus-kasus kekerasan, kerusakan ekologi, pelanggaran HAM, pembakaran buku, pelarangan buku, lembaga yang mengesahkan UU yang tidak manusiawi.
  3. Komunitas menerima pendanaan selama tidak bersifat mengikat
  4. Penerimaan pendanaan dari pihak manapun harus dilaporkan kepada pengelola keuangan yakni bendahara.

Inventaris

Inventaris Rumah Baca sepenuhnya dimiliki oleh Rumah Baca Pelangi Inspirasi.

Volunteer

Setiap volunteer harus belajar dalam proses yang manusiawi dan apresiatif.
Tidak dibenarkan salah-satu pihak yang terlibat relasi dalam komunitas untuk melakukan diskriminasi, kekerasan, bullying, pelecehan, pemerasan, pemaksaan, dan segala bentuk penindasan.

Leave a Comment