Program Kami

Mendirikan Perpustakaan Anak

Taman Bacaan Pelangi mendirikan perpustakaan ramah-anak di daerah terpencil di Indonesia Timur. Kami bekerja sama dengan sekolah-sekolah lokal dan mengubah perpustakaan mereka ke dalam lingkungan belajar yang ramah anak yang akan menumbuhkan kebiasaan dan kecintaan akan membaca dari masing-masing siswa.

Lokakarya Pengembangan Kapasitas untuk Guru dan Relawan lokal

Kami percaya, guru yang berkualitas mencerminkan pendidikan yang berkualitas. Dengan demikian, kami menyediakan serangkaian lokakarya pengembangan kapasitas bagi guru lokal yang memungkinkan mereka untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam membina kebiasaan membaca pada siswa dan mempromosikan keaksaraan di desa mereka.

Kami juga melakukan lokakarya untuk relawan lokal, mulai dari petani hingga nelayan. Mereka adalah penduduk setempat yang memiliki gairah dalam pendidikan dan ingin berkontribusi dalam mendidik anak-anak di desa mereka.

Kursus Literasi dasar untuk Anak-anak

Taman Bacaan Pelangi menyediakan kursus gratis literasi dasar untuk anak-anak yang masih buta huruf. Kami merasa bahwa kursus ini penting dan sejalan dengan misi kami dalam menciptakan kebiasaan membaca bagi anak-anak yang tinggal di daerah terpencil di Indonesia Timur. Melalui program ini, anak-anak yang masih buta huruf akan mendapatkan pelajaran tambahan gratis setiap minggu yang akan membantu mereka untuk bisa membaca dan menulis.

Aktivitas Membaca

Di setiap perpustakaan Taman Bacaan Pelangi, kegiatan membaca secara teratur dilakukan. Setiap kelas mempunyai jadwal kegiatan di perpustakaan setiap minggunya, yang dipimpin oleh guru kelas masing-masing.

Melalui kegiatan membaca ini, diharapkan perlahan-lahan akan menumbuhkan rasa cinta membaca dalam diri anak-anak. Mereka akan penasaran dengan buku-buku yang disediakan di perpustakaan dan akan langsung membaca sendiri atau bersama-sama dengan teman-teman mereka.

Kampanye Pengumpulan Buku

Taman Bacaan Pelangi melakukan kampanye pengumpulan buku, juga bekerjasama dengan para pemangku kepentingan eksternal. Buku-buku yang terkumpul dari kampanye ini akan disortir dan dikirim ke perpustakaan-perpustakaan kami di Indonesia Timur.

Kampanye penggalangan dana

Bekerja sama dengan para pemangku kepentingan eksternal, dari sektor swasta, masyarakat, LSM internasional, kami mengadakan berbagai kampanye penggalangan dana. Dana yang dikumpulkan dari kampanye ini akan digunakan untuk mendirikan perpustakaan baru, membeli buku, dll

Silakan hubungi kami jika Anda ingin membantu kami dengan melakukan kampanye penggalangan dana untuk organisasi kami!

Kompetisi Membaca, Menulis, dan Mendongeng

Kami selalu mendorong anak-anak untuk membaca, menulis, dan menceritakan kisah mereka. Kompetisi ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan hal itu. Seringkali, kami melihat beberapa bintang masa depan yang bersinar!

Kemitraan dengan pihak eksternal

Kami selalu menyambut baik setiap kemitraan dan / atau kerjasama dengan pihak luar, baik dari sektor swasta, masyarakat lokal, hingga LSM internasional. Namun, kami tidak memiliki minat untuk bermitra dengan partai politik atau dengan pihak yang memiliki tujuan politik.

Kerelawanan

Kami sangat terbuka terhadap siapa saja yang ingin menjadi sukarelawan di perpustakaan kami. Namun, pelamar yang tertarik akan diseleksi terlebih dahulu. Kami juga bekerja sama dengan organisasi relawan, di mana masing-masing relawan dapat membantu membuat perbedaan dalam kehidupan anak-anak dengan memperkenalkan mereka berbagai jenis kegiatan kreatif, mengajar bahasa Inggris, bercerita, berbagi cerita tentang negara asal mereka, dan kegiatan menyenangkan lainnya.