7 Alasan Berlibur ke Hainan, Destinasi Wisata Baru Tanpa Visa

Liburan ke China tak hanya Beijing, Hainan juga menarik dikunjungi. Pulau ini menawarkan objek wisata komplet. Mulai dari wisata alam, budaya hingga kuliner.

Hainan merupakan pulau tropis di sisi selatan China, yang dapat ditempuh dari Jakarta dengan penerbangan sekitar 7 jam. Perjalanan bebas visa yang diperkenalkan untuk 59 negara, termasuk Indonesia, membuat Pulau Hainan semakin menarik dikunjungi.

Nama Hainan belakangan ini mulai jadi buah bibir di kalangan travelers Indonesia. Walaupun baru-baru saja booming di Indonesia, khusus tahun 2018 lalu, nama Hainan benar-benar menjadi primadona, di hampir banyak promosi digital Travel Agency di Indonesia seperti H.I.S Travel contohnya yang tak henti terus menawarkan pesona keindahan pulau Hainan sebagai destinasi alternatif termurah dalam paket tour China, belum lagi kalau melihat promosi di tiap acara Travel Fair, mutlak nama provinsi paling selatan Republik Rakyat Tiongkok ini selalu jadi ‘headline‘-nya.

Hal ini juga didukung pembenahan bandara, membuka akses ke Facebook, YouTube dan Twitter bagi para wisatawan asing. Pulau yang dijuluki sebagai Hawaii-nya China itu pun punya beragam destinasi menarik buat mengisi liburan.

1. Cuaca bersahabat

Saat musim dingin, suhu di Hainan tidak terlalu ekstrem, hanya sekitar 19-25 derajat Celcius. Sedangkan musim panas memang akan lebih hangat, tetapi tetap nyaman, dengan suhu 24-35 derajat Celcius.

2. Banyak pantai cantik

Pantai menjadi salah satu atraksi utama di Hainan. Sebagai pulau yang menjuluki dirinya ‘Hawaii-nya China’ tentu saja Hainan memiliki potensi wisata pantai yang memukau, salah satu destinasi wisata pantai yang paling terkenal di Hainan adalah pantai Yalong Bay. Tak lengkap rasanya berkunjung ke Hainan jika tak menginjakkan kaki Anda di hangatnya pasir pantai Yalong Bay.

Dan yang menjadi daya tarik lainnya dari Yalong Bay ini adalah keberadaan hutan tropis  bernama Yalong Bay Tropical Paradise Forest Park. Sebagaimana layaknya sebuah hutan tropis, di Yalong Bay Tropical Paradise Forest Park ini terdapat pepohonan rimbun, sungai jernih yang mengalir dan bahkan sebuah jembatan gantung yang siap menguji adrenalin sekaligus memberikan pemandangan sensasional ke lepas pantai Yalong Bay.

Setelah Yalong Bay, satu lagi destinasi wisata pantai yang tak dapat dilewatkan di Hainan, yaitu Tianya Haijiao atau Perbatasan Surga, letaknya di kota Sanya dan sesuai namanya lokasi bibir pantainya yang berpasir dan berbatu-batu ini memang selalu berhasil memukau setiap travelers mancanegara yang berkunjung.

Lokasi inipun bisa dibilang salah satu bibir pantai paling instagramble di Hainan.

3. Beragam pilihan objek wisata

Selain pantai, masih banyak lagi objek wisata lain di Hainan. Beberapa di antaranya adalah desa-desa nelayan, taman di puncak bukit Semenanjung Luhuitou, dan Taman Kawah Gunung Berapi atau Volcanic Crater Park.

Sementara Pulau Monyet Nanwan adalah satu-satunya pulau di dunia khusus untuk para kera. Di dekatnya, ada Sea Turtles 911 yang merupakan rumah sakit khusus penyu laut. Kemudian ada pula Xinglong Tropical Botanical Gardens. Area seluas 400.000 km2 itu merupakan habitat bagi lebih dari 1.200 spesies tanaman, termasuk kopi, lada, cokelat dan durian.

Sebagai bagian dari Negeri Tirai Bambu, China, tentu saja di Hainan, travelers akan menemui keberadaan kuil-kuil megah, salah satu yang paling menarik dan ikonik di Hainan adalah Kuil Nanshan yang terletak di Nanshan Buddhist Culture Tourism Zone, sekitar 40 km barat daya pusat kota Sanya.

Kuil Nanshan ini terbagi menjadi 2 bagian, bagian pertama adalah kuilnya sendiri yang menjadi pusat peribadatan masyarakat dan para penganut agama Buddha. Sementara bagian kedua adalah sebuah jalanan menuju patung besar Dewi Guan Yin yang berdiri kokoh setinggi 108 meter di atas Laut Cina Selatan.

Mumpung sudah berada di Kuil Nanshan ini, jangan lewatkan kesempatan melihat Patung Giok Emas Kwan-Yin, sebuah monumen suci berlapiskan berlian dan permata. Travelers bisa juga ke Sea Watch Terrace, sebuah teras cantik yang menghadap ke lautan dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari salah satu sisi patung raksasa Dewi Guan Yin.

4. Pengobatan tradisional China (TCM)

Pengobatan tradisional China di Hainan cukup populer. Pengobatan tradisional China begitu berkembang dan mendapat dukungan pemerintah, termasuk salah satu pusat pengobatan Rumah Sakit TCM Sanya.

5. Kuliner Lezat dan Halal

Liburan ke Hainan tak lengkap kalau belum mencicipi kuliner lokal. Nasi ayam Hainan, yang rasanya familiar bagi lidah orang Indonesia, sebenarnya merupakan masakan lokal Wenchang, kota di Provinsi Hainan.

Hainan juga dikenal dengan makanan lautnya, terutama lobster. Masakan istimewa lainnya adalah bebek Jiaji dan abalone.

6. Tersedia akomodasi murah hingga yang mewah

Hainan melayani semua kalangan wisatawan, mulai dari backpacker hingga kelas atas. Meski beberapa tahun terakhir, pulau ini mulai fokus pada perjalanan premium.

Banyak hotel terkenal menawarkan akomodasi mewah di Pulau Hainan, termasuk Anantara, Banyan Tree, Conrad, Kempinski, Mandarin Oriental, Park Hyatt, Ritz Carlton dan St Regis. Tidak ketinggalan pendatang terbaru Atlantis Sanya.

Proyek yang dibuka tahun ini, dimiliki dan dikelola oleh tim yang mengawasi Atlantis the Palm di Dubai. Atlantis Hainan dilengkapi menara dengan 52 lantai, suite bawah air, bahkan laguna scuba-diving dengan 270 spesies laut.

Hainan menyediakan jaringan 4G secara menyeluruh dan akses Wi-Fi di 95 persen tempat wisata. Di sana, akses antar-tempat bisa ditempuh menggunakan bus ataupun kereta cepat. Anda bebas berjalan kaki di trotoar dengan tata kota yang sangat apik.

7. Ramah untuk umat Islam

Pelancong muslim pun tak usah khawatir terkendala beribadah atupun kesulitan menemukan makanan halal. Selain banyak penduduk lokal beragama islam, ada sejumlah masjid di Hainan. Salah satunya Masjid Ancient Sanya yang merupakan masjid tertua dan telah berdiri lebih dari 700 tahun silam.

 

Setelah membaca 7 alasan beribur ke hainan. Pastinya kalian merasa tertarik ingin ke sana. Tapi, buat yang belum pernah ke luar negeri, cuup khawatir kalau berlibur kesana tanpa ada yang mendampingi. Takut terkena palak argo kuda saat naik taxi, atau jebakan batman dipaksa membeli barang yang sebenernya baru mereka tanya harganya doang, plus tidak ada diskon buat wisatawan asing.

Merasa takut dan enggan berangkat. Tunggu dulu, ada solusi yang bisa kalian coba.

Solusinya adalah menggunakan Agen Travel.  Bagaimana memilih Travel Agent yang membuat perjalanan kita menyenangkan?

Tentunya travel agen yang telah berpengalaman sehingga mampu memberi kenyamanan servis, keamanan perjalanan dan yang pasti memberikan paket harga menarik.

Nah kalian wajib coba nih untuk #BeraniBerliburKeHainan tanpa perlu khawatir lagi dengan biaya nya. karena dengan HISTravel kalian sudah bisa mendapatkan paket liburan murah hingga mewah dengan 5 keunggulan Tour Hainan bersama HIS Travel Indonesia.

Karena HIS Travel memberi kenyamanan servis bahkan sebelum perjalanan anda dimulai. Memberikan keamanan dengan jaringan Global yang mendukung setiap perjalanan anda. Dan tentu saja pilihan paket harga yang menarik.

Ditambah lagi, kini HIS Travel juga menyediakan paket Tour ke Hainan lho, dengan pilihan paket menarik dan jadwal perjalanan setiap minggunya.

Tidak cukup itu, HIS Travel juga memberikan diskon Sewa Wifi Global sebesar IDR 200.000, Tour Guide yang berpengalaman serta Pelayanan lengkap termasuk pembuatan Visa.


Info selengkapnya DISINI.

Menarik bukan? Masih takut liburan ke Hainan? Ayo gabung Hainan Tour bersama HIS Travel.

Kalian bisa telepon ke call center 021-574-17-01. Bisa juga direct message ke twitter @HISTravelID, instagram @histravelindonesia, facebook fanspage HIS Travel Indonesia. Bisa email ke callcenter.jkt@his-world.com. Atauuuu, jelajah sendiri saja website lengkap mereka di HIS Travel Indonesia.

Sampai jumpa di hainan…!!!

TULISAN INI DIIKUTSERTAKAN DALAM #HotHainan BLOGGER COMPETITION