Category Archives: Review

Taman Siswa dan Pembinaan Pola Asrama

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum kita bahas tentang taman siswa. Mari kita bahas siapa sih Ki Hajar Dewantara ini Namanya lengkapnya R.M Suwardi Suryaningrat, kelak orang-orang mengenalnya sebagai bagian dari orang-orang perjuangan. Suwardi lahir dari keluarga ningrat jawa. Ayahnya mustinya naik tahta jadi raja jawa jikalau tidak mengalami kebutaan. Kakaknya R.M Soeryopranoto adalah seorang pemberani yang kelak… Read More »

Koyo Sahabat Porter

Berlangsung setiap satu tahun sekali, libur panjang dalam rangka lebaran disambut meriah oleh para perantau. Kesempatan liburan terpanjang masal se Indonesia ini dimanfaatkan untuk mudik alias pulang kampung. Bertemu dengan karib kerabat merupakan agenda utama selama menghabiskan waktu di kampung halaman. Buah tangan pun disiapkan sebagai tanda keakraban. Walaupun buah tangan atau oleh-oleh cukup menyita ruang dan agak… Read More »

Perspektif Peserta Program JKN-KIS BPJS Kesehatan

“Tidak ada yang lebih kaya dari orang-orang yang sehat dan terus berdaya.” Bahkan, lebih dari sekadar persoalan materi, mekanisme JKN-KIS dari BPJS Kesehatan juga memberi saya tiga pelajaran berharga tentang pelayanan kesehatan. Pertama, tidak harus mahal untuk mendapatkan manfaat yang optimal.  Kedua, tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit maupun puskesmas, sama-sama memiliki dedikasi dan kepekaan tinggi dalam menjalankan… Read More »

Stimuno untuk Balita: Suplemen Sirup Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Stimuno Untuk Balita : Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Balita – Anak balita sakit adalah salah satu hal yang dikhawatirkan orang tua. Berbagai faktor misalnya cuaca, lingkungan, daya tahan tubuh yang tidak stabil, membuat sakit tidak bisa dihindari. Beberapa penyakit yang paling sering menyerang anak-anak adalah demam, batuk dan pilek, terlebih saat musim hujan seperti saat ini. Biasanya orang… Read More »

Mengapa Aktivis Menghilang setelah Menikah?

Artikel ini ditulis karena sebuah keresahan kolektif tentang beratnya ber-aktivisme setelah menikah. jangankan setelah menikah, setelah bekerja saja berat. mungkin ini yang d sebut quarter live crisis. Para aktivis yagg hilang itu bukan hilang, tapi pindah ke lajur aktivisme yang lain. tidak mengapa. karena kita punya definisi masing2. Saya punya seorang kawan, seorang ideolog gerakan. kami dulu bertemu… Read More »