Blog Single

11 Mei

Persiapan Ramadhan Muslimah

Alhamdulillah.. waktu yang kita tunggu hampir tiba ialah Ramadan!

Dan ketika kita tersadar bahwa Bulan mulia ini telah di depan mata, kita sebagai muslimah tentunya harus mulai merencanakan dan mempersiapkan diri agar mendapatkan hasil maksimal pada hari-hari yang Allah berkahi.

A. PERSIAPAN BULAN RAMADHAN

1. Persiapan ilmu
Sebelum Ramadhan tiba, mari kita baca-baca kembali fiqih puasa. agar ibadah kita semakin iklas dan berlandas ilmu. Selain itu kita juga perlu tahu fiqih darah wanita agar kita tidak bingung lagi saat masa haid tiba dan Ramadhan kita bisa maksimal

2. Persiapan Fisik
Menjaga kesehatan, istirahat cukup, dan menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan. Selain itu kita juga harus menjaga konsumsi makanan : hindari mengonsumsi makanan yang dapat mengiritasi lambung, seperti makanan pedas atau makanan asam.

3. Persiapkan Amal Shalih selama Ramadhan
Selama Ramadhan, ada baiknya kita merencanakan amalan wajib dan sunnah yang dapat kita lakukan, agar kita tidak terlupa dan kita lebih bersemangat.

4. Persiapkan doa-doa spesial
Persiapkanlah doa-doa harapan kita di Bulan Ramadhan. Terutama doa-doa yang sudah dicontohkan di dalam Al-quran. Di dalam Bulan Ramadhan terdapat banyak waktu mustajab terkabulnya doa, antara lain :
1. Saat sahur
2. Saat berpuasa
3. Saat berbuka
Terkabulnya doa tentu diiringi dengan beberapa hal seperti ketaatan pada Allah dan keimanan yang benar.

5. Senantiasa Memperbaharui Taubat
Taubat menunjukkan tanda totalitas kita dalam menghadapi Ramadhan. Karena tentu kita ingin memasuki Ramadhan tanpa adanya sekat-sekat penghalang yang akan memperkeruh perjalanan selama mengarungi Ramadhan.

6. Menyambut Ramadhan dengan gembira
Seorang muslim semestinya menyambut Ramadhan dengan bergembira, senang dan penuh suka cita serta bersyukur kepada Allah karena sudah berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan.

TIPS MENJAGA KESEHATAN SELAMA RAMADHAN

Untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan, ada baiknya kita memperhatikan hal berikut:

1. Berdoa dan memohon kepada Allah agar Allah ridhoi kita bisa Berpuasa Penuh di bulan Ramadhan, lancar, dan semuanya sehat

2. memperbanyak berpuasa pada bulan sya’ban
Ajak seluruh keluarga untuk nerpuasa bersama. Dengan memperbanyak puasa pada bulan Sya’ban, Insya Allah tubuh kita akan beradaptasi, dan kita dan keluargapun belajar untuk memyesuaikan kegiatan pada hari2 berpuasa.

3. Apabila memiliki sakit kronis, ada baiknya Konsultasikan ke Dokter

4. Istirahat yang cukup

5. Sedia buah Kurma
Pastikan kita memiliki stok buah kurma untuk melaksanakan sunnah berbuka puasa atau untuk membuat air nabeez untuk menambah energi kita berpuasa.

6. Hindari terlalu banyak gorengan

7. hindari membatalkan puasa dengan es

8. Sediakan aneka buah-buahan yang cukup
Buah-buahan yang kaya akan vitamin C akan membantu kita tetap fit selama berpuasa, insya Allah.

9. Komsumsi cukup air
Kebutuhan minum orang dewasa adalah minimal 2L air dalam sehari. Usahakan kita dapat memenuhinya, sebagai gambaran kita dapat membaginya seperti berikut:
1 gelas air saat berbuka puasa
1 gelas air setelah shalat maghrib (makan besar)
1 gelas air putih setelah shalat tarawih
1 gelas air putih di sela2 tilawah Al-Quran atau akan tidur
1 gelas saat bangun tidur, sebelum mempersiapkan sahur
1 gelas air saat sahur

10. Bersegera Berbuka
Bersegera berbuka puasa ketika waktunya tiba, saat buka puasa bunda tetap harus melakukan dengan bertahap. Air putih-kurma manis-snack berat-makan berat.

11. Hindari teh, kopi
minuman ini bersifat diuretik/mengeluarkan cairan dari tubuh dengan banyak kencing.

12. hindari minum es

13. Batasi makan gorengan

14. Tidak tidur setelah sahur

Semoga Allah memberi taufik dan menjadikan kita termasuk orang yang menghidupkan Ramadhan dengan berlomba-lomba dalam melakukan amalan shalih. Aamiin..

Related Posts

Leave A Comment