3 Penyebab Utama Ruam Popok yang Baiknya Bunda Ketahui

Ruam popok merupakan hal yang wajar terjadi pada kulit bayi. Ruam tersebut lebih mudah terjadi pada kulit bayi yang masih sensitif. Sehingga lebih mudah untuk mengalami iritasi. Ruam popok juga dapat untuk diobati dengan mudah menggunakan cara mengatasi ruam popok yang dapat dilakukan di rumah. Dimana untuk cara mengatasinya bisa menggunakan dengan mengenali penyebabnya. Sehingga Anda akan dapat menangani ruam popok dan mencegahnya terjadi kembali pada kulit bayi. Adapun untuk berbagai penyebab yang dapat membuat kulit bayi mengalami iritasi dan timbul bercak merah adalah:

Jenis makanan yang dikonsumsi

Penyebab pertama adalah karena menu yang dikonsumsi oleh bayi. Bayi akan dapat diberikan menu MPASI 6 bulan adalah menu pendamping ASI setelah 6 bulan. Jenis makanan baru yang dikonsumsi juga akan membuat munculnya ruam pada bayi. Karena makanan tersebut akan mempengaruhi struktur dari feses dan frekuensi buang air besar pada bayi. Hal tersebut perlu diperhatikan sehingga nantinya bisa mencegah terjadinya ruam pada kulit bayi.

Kontak terlalu lama dengan urine dan feses

Penyebab selanjutnya yang bisa menyebabkan bayi mengalami ruam popok adalah karena kontak terlalu lama dengan urine dan feses. Popok harus segera diganti dan juga jangan dibiarkan lembab. Hal tersebut akan membuat bayi mengalami iritasi kulit lebih mudah dan menjadi ruam. Oleh karena itulah ganti popok ketika bayi sudah buang air kecil atau BAB. Anda bisa menggunakan produk popok dari Merries yang akan membantu Anda untuk mengetahui waktu tepat untuk mengganti popok. Sehingga hal ini akan bermanfaat untuk bisa menghindari iritasi dan ruam popok.

Iritasi karena produk popok

Hal terakhir yang bisa menjadi penyebab mengapa bayi mengalami ruam adalah karena iritasi. Hal ini juga bisa disebabkan oleh iritasi karena produk popok yang dipakai. Sehingga Anda harus mengganti popok yang digunakan. Pilihlah produk popok yang aman yaitu yang tidak mempunyai kandungan klorin, pewangi, dan juga bahan berbahaya lainnya yang bisa membuat kulit bayi iritasi.

Leave a Reply