Mengapa Laki-laki Suka Berbohong?

Bohong menjadi persoalan mendasar yang sering menjadikan hubungan antara manusia berakhir tidak baik, apalagi hubungan bersama lawan jenis. Uniknya, seringkali kebohongan disematkan kepada laki-laki, sehingga banyak wanita yang kemudian mencari tahu menghadapi laki-laki yang suka bohong.

Ada beberapa alasan mengapa laki-laki bohong. Pertama, terlalu terkekang aturan. Semakin banyak aturan yang menjepit, semakin banyak usaha untuk melanggar. Ini sebuah dialektika yang umum terjadi. Bahkan terkadang ada aturan yang ditetapkan oleh perempuan cenderung tidak logis.

Contoh: harus sms atau whatsapp sebelum tidur. Kadang laki-laki kalau sudah persoalan tidur sulit diterka, rebahan sedikit tidur. Lupa dengan sms, ketiduran. Ketika selanjutnya ditanya kenapa tidak sms, paling mudah alasannya, “Pulsa habis”, padahal bukan ini alasan yang sebenarnya.

Alasan kedua, terlalu sering dicereweti atau dimarahi. Ya, laki-laki paling tidak suka dimarahi karena justru ia sumber ketegasan. Seolah-olah dilecehkan. Apalagi dicereweti oleh perempuan, kadang lebih baik tutup telinga daripada mendengar, laki-laki butuh sandaran, bukan omelan.

Contoh: kasus aturan sms sebelum tidur. Ketika menjawab, “Lupa”, pasti ada saja perempuan yang tidak menerima, kemudian ditimpali, “Masa lupa setiap hari, sudah lima hari berturut-turut tidak sms.” Laki-laki kemudian menghapal dalam memori kepalanya. Selanjutnya, jika terjadi lagi kasus ketiduran, ia akan menjawab langsung dengan jawaban yang tidak benar, “Pulsa habis”.

Ketiga, laki-laki berbohong karena merasa kesalahannya tidak berakibat pada hubungan yang buruk. Ya, seringkali laki-laki memanfaatkan sifat perempuan yang mudah memaafkan. Apalagi kebohongan tidak selamanya diketahui. Kalau pun ketahuan, karena begitu sayangnya perempuan terhadap laki-laki, perempuan hanya mengatakan, “Jangan diulangi ya…” Ketika melakukan kebohongan dan tidak memiliki konsekuensi dari perbuatan, maka saat itulah kebohongan akan dilakukan berulang-ulang.

Keempat, ada laki-laki yang memang memiliki tabiat mudah berbohong. Setiap orang memiliki kekurangan. Terkadang, kekurangannya adalah mudah berbohong. Sehingga berbohong bagi dirinya bukanlah sesuatu yang sulit, bahkan sudah menjadi kebiasaan. Jika Anda mendapati laki-laki yang demikian, maka tidak hanya kebohongan kecil yang dilakukan, bahkan kebohongan-kebohongan besar pun mudah untuk dilakukan.

Inilah beberapa alasan mengapa laki-laki suka berbohong. Ketika Anda sudah mengetahui alasannya, maka dengan mudah Anda akan mengetahui bagaimana cara untuk menyelesaikannya.

Leave a Comment