Cara Menghadapi Laki-laki Yang Suka Bohong

Bohong menjadi persoalan mendasar yang sering menjadikan hubungan antara manusia berakhir tidak baik, apalagi hubungan bersama lawan jenis. Uniknya, seringkali kebohongan disematkan kepada laki-laki, sehingga banyak wanita yang kemudian mencari cara menghadapi laki-laki yang suka bohong.

Sebelum membahas bagaimana cara menghadapi laki-laki yang suka bohong, kita harus terlebih dahulu mengetahui beberapa alasan mengapa laki-laki bohong. Pertama, terlalu terkekang aturan. Semakin banyak aturan yang menjepit, semakin banyak usaha untuk melanggar. Ini sebuah dialektika yang umum terjadi. Bahkan terkadang ada aturan yang ditetapkan oleh perempuan cenderung tidak logis.

Contoh: harus sms atau whatsapp sebelum tidur. Kadang laki-laki kalau sudah persoalan tidur sulit diterka, rebahan sedikit tidur. Lupa dengan sms, ketiduran. Ketika selanjutnya ditanya kenapa tidak sms, paling mudah alasannya, “Pulsa habis”, padahal bukan ini alasan yang sebenarnya.

Alasan kedua, terlalu sering dicereweti atau dimarahi. Ya, laki-laki paling tidak suka dimarahi karena justru ia sumber ketegasan. Seolah-olah dilecehkan. Apalagi dicereweti oleh perempuan, kadang lebih baik tutup telinga daripada mendengar, laki-laki butuh sandaran, bukan omelan.

Contoh: kasus aturan sms sebelum tidur. Ketika menjawab, “Lupa”, pasti ada saja perempuan yang tidak menerima, kemudian ditimpali, “Masa lupa setiap hari, sudah lima hari berturut-turut tidak sms.” Laki-laki kemudian menghapal dalam memori kepalanya. Selanjutnya, jika terjadi lagi kasus ketiduran, ia akan menjawab langsung dengan jawaban yang tidak benar, “Pulsa habis”.

Ketiga, laki-laki berbohong karena merasa kesalahannya tidak berakibat pada hubungan yang buruk. Ya, seringkali laki-laki memanfaatkan sifat perempuan yang mudah memaafkan. Apalagi kebohongan tidak selamanya diketahui. Kalau pun ketahuan, karena begitu sayangnya perempuan terhadap laki-laki, perempuan hanya mengatakan, “Jangan diulangi ya…” Ketika melakukan kebohongan dan tidak memiliki konsekuensi dari perbuatan, maka saat itulah kebohongan akan dilakukan berulang-ulang.

Keempat, ada laki-laki yang memang memiliki tabiat mudah berbohong. Setiap orang memiliki kekurangan. Terkadang, kekurangannya adalah mudah berbohong. Sehingga berbohong bagi dirinya bukanlah sesuatu yang sulit, bahkan sudah menjadi kebiasaan. Jika Anda mendapati laki-laki yang demikian, maka tidak hanya kebohongan kecil yang dilakukan, bahkan kebohongan-kebohongan besar pun mudah untuk dilakukan.

Ketika mengetahui alasan utama laki-laki berbohong, maka untuk mengatasinya pun menjadi mudah. Pertama, jangan mengekang laki-laki terlalu banyak aturan. Anda tahu kenapa anak kecil suka mengambil uang orangtuanya? Karena orangtuanya selalu melarang ketika anaknya minta uang untuk jajan. Hal ini kemudian memaksa seorang anak untuk berbuat yang tidak diperbolehkan. Begitu juga dengan orang dewasa. Ketika semakin banyak aturan yang mengekang, semakin banyak usaha untuk keluar dari aturan itu.

Makanya, sebagai perempuan tidak bisa sangat over protektif terhadap laki-laki. Efeknya bisa sangat buruk kepada Anda sendiri. Lain halnya jika laki-laki over protektif kepada perempuan, banyak yang menuruti dan menikmati. Sedangkan laki-laki punya tabiat memimpin, sehingga terlalu dikekang justru akan melawan. Inilah yang sekiranya bisa dimengerti oleh perempuan agar bisa menjalin hubungan dengan lancar.

Untuk mengatasi laki-laki yang suka bohong selanjutnya adalah, jangan terlalu banyak memarahi, atau dicereweti, atau diomeli. Fitrahnya laki-laki datang kepada Anda sebagai perempuan adalah mencari sandaran, tempat untuk curhat, tempat untuk rehat sejenak dari pekerjaan-pekerjaan yang dimiliki, maka kedudukan Anda sebenarnya sebagai ibu yang mau untuk mendengar keluhan-keluhan anak-anaknya. Anda harus menjadi temannya, bukan ibu kosnya.

Ajaklah untuk berbicara dari hati ke hati, dengan cara ini justru laki-laki akan mudah untuk terbuka kepada pasangannya. Alasannya, fitrah laki-laki adalah melepaskan masalah dengan cerita kepada orang yang disukainya. Dengan cara inilah keterbukaan laki-laki terjadi. Sehingga laki-laki jika berbohong kepada Anda justru merasa sangat bersalah, karena hanya Anda satu-satunya orang di dunia yang mengerti isi hatinya.

Untuk mengatasi laki-laki suka bohong selanjutnya adalah memberikan konsekuensi dari perbuatannya. Kelemahan terbesar perempuan adalah memaafkan kesalahan laki-laki yang terus dilakukan berulang-ulang. Laki-laki terkadang memanfaatkan, “Tidak mungkin dia berani memutuskan saya. Dia sangat sayang sama saya.”

Maka, Anda harus berani untuk menghukumnya. Jangan takut untuk putus. Ini kelemahan sangat mendasar perempuan. Sangat takut untuk putus. Padahal, ini pula yang sering dimanfaatkan laki-laki. Jika suka berbohong, tinggalkan. Berikan peringatan. Kalau peringatan tidak diindahkan, Anda cukup menyampaikan, “Kamu bisa jadi temanku, tapi tidak untuk menjadi pasanganku.”

Terakhir, Anda harus benar-benar hati-hati ketika memilih pasangan. Tanyakan terlebih dahulu kepada teman-teman sekitar Anda tentang tabiat laki-laki yang akan mencintai Anda. Jika sudah diketahui suka berbohong, lebih baik Anda pikirkan berulang-ulang. Sebab adanya perceraian lebih dikarenakan berawal kebohongan yang menjurus ke perselingkuhan. Jangan terlalu terbujuk dengan tampan atau kaya. Karena dengan kebohongannya, dia bisa menggunakan kekayaan dan ketampanan untuk berbohong kepada Anda dan merayu gadis lain.

Leave a Comment