Matematika Sedekah

Karena, sejatinya bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat, bulan penuh ampunan dan hal-hal keren yang kmudian tidak didapatkan ketika berada di bulan-bulan biasa. Artinya bulan ramadhan ini merupakan bulan yang keren dan luar biasa gitu. Nah, tentunya di bulan suci ini banyak sekali hal-hal luar biasa yang tidak dapat teman-teman capai di bulan selain ramadhan.

Nah, sebenernya kalau kita lebih jeli dalam memanfaatkan bulan ramadhan ini, maka kita akan lebih dekat dengan sang Pencipta. Dan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam memenangi bulan ramadhan adalah sedekah. Tidak hanya sedekah sih, banyak sebnernya amalan dan hal-hal yang dapat kita lakukan untuk semakin dekat dengan sang Pencipta. Tilawah, sholat sunnah, dzikir dan banyak sekali amalan-amalan yang kemudian bisa kita lakukan ketika bulan ramadhan

Yapp, pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas mengenai keajaiban sedekah ala Ustadz Yusuf Mansur. Saya seringkali mencoba ide dan konsep sedekah yang dilakukan Ustadz Yusuf Mansur. Dan Hasilnya sangat luar biasa. Kehidupan yang awalnya banyak masalah, kemudian disulap menjadi kehidupan yang penuh solusi. Luar biasa. Metode ini benar-benar mengubah hidup saya. Tidak hanya terkait konsep sedekah, akan tetapi tentunya bersinggungan dengan amalan-amalan yang lain.

Baik langsung saja yapss, gimana sih biar kita bisa keluar dari persoalan hidup ? Barangkali teman-teman disini seringkali merasa tidak bahagia terhadap rizki yang sudah diberikan oleh Allah? Atau bahkan sudah bergelimang harta akan tetapi masih saja resah terhadap hidpu yang teman-teman jalani. Nah, itu tandanya berarti kita masih belum sukses dalam menjalani hidup. Masih nol dan gagal. Lalu bagaimana agar kita bisa menjalani hidup dengan penuh kenikmatan hakiki dan jauh dari persoalan hidup?

1. Sedekah

Sedekah walaupun kecil tetapi amat berharga di sisi Allah SWT. Orang yang bakhil dan kikir dengan tidak menyedekahkan sebagian hartanya akan merugi di dunia dan akhirat karena tidak ada keberkahan. Jadi, sejatinya orang yang bersedekah adalah untuk kepentingan dirinya. Sebab, menginfakkan (belanjakan) harta akan memperoleh berkah, dan sebaliknya menahannya adalah celaka.

Sedekah memiliki beberapa keutamaan bagi orang yang mengamalkannya. Pertama, mengundang datangnya rezeki. Allah SWT berfirman dalam salah satu ayat Alquran bahwa Dia akan membalas setiap kebaikan hamba-hamba-Nya dengan 10 kebaikan. Bahkan, di ayat yang lain dinyatakan 700 kebaikan. Khalifah Ali bin Abi Thalib menyatakan, ”Pancinglah rezeki dengan sedekah.” Kedua, sedekah dapat menolak bala. Rasulullah SAW bersabda, ”Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah bisa mendahului sedekah.”

Ketiga, sedekah dapat menyembuhkan penyakit. Rasulullah SAW menganjurkan, ”Obatilah penyakitmu dengan sedekah.” Keempat, sedekah dapat menunda kematian dan memperpanjang umur. Kata Rasulullah SAW, ”Perbanyaklah sedekah. Sebab, sedekah bisa memanjangkan umur.”

Mengapa semua itu bisa terjadi? Sebab, Allah SWT mencintai orang-orang yang bersedekah. Kalau Allah SWT sudah mencintai seorang hambanya, maka tidak ada persoalan yang tidak bisa diselesaikan, tidak ada permintaan dan doa yang Allah tidak kabulkan, serta tidak ada dosa yang Allah tidak ampuni, dan hamba tersebut akan meninggal dunia dalam keadaan husnul khatimah (baik).

Kekuatan dan kekuasaan Allah jauh lebih besar dari persoalan yang dihadapi manusia. Lalu, kalau manfaat sedekah begitu dahsyatnya

Matematika Sedekah
Matematika sedekah kita ambil dari Q.S Al-An’aam ayat 160 “Barang siapa membawa amal baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya,dan barang siapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya (Dirugikan)”.

Jadi, ketika kita punya 10, lalu kita sedekahkan 1 diantara yang sepuluh itu maka hasil akhirnya ukan 9 melainkan 19 sebab nilai 1 yang kita keluarkan dikembalikan Allah menjadi 10.

Hasil akhir atau jumlah akhir bagi mereka yang mau bersedekah tentu akan lebih banyak lagi, tergantung kehendak Allah, Sebab Allah juga menjanjikan balasan berkali-kali lipat lebih dari sekedar sepuluh kali lipat dalam Q.S Al-Bakarah ayat 261. Allah menjanjikan 700 kali lipat.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (Karunia-Nya) lagi maha Mengetahui”. (Q.S Al-Bakarah:261)

Matematika dasar
10-1=9

Matematika Sedekah
10-1=19 (9+10)

2. Sholat Sunnah

Sedekah merupakan solusi, akan tetapi masih belum sepenuhnya menjadi solusi hidup. Masih separo. Ibaratnya kalau sandal, sedekah masih sandal kaki kiri, yang sbelah merpukan sholat-sholat sunnah. Baik itu sholat sunnah rawatib, tahajjud, dhuha, dan sholat hajjat. Ini merupakan amalan sempurna untuk mengatasi persoalan hidup.

Kalau kita tidak bisa menjaga secara istiqomah maka kebahagiaan hidup tidak akan bisa diraih secara sempurna. Mulai sekarang coba lakukan sholat-sholat diatas. Pelan-pelan, sedikit demi sedikit. Sambil dibarengi sedekah tiap harinya. Istiqomah lebih penting daripada banyaknya rakaat. Azamkan diri bahwa kita mau berubah.

3. Perbanyak dzikir

Selain sholat sunnah, bisa diperbanyak dzikir juga. terutama istighfar. Karena istighfar dapat mengatasi dan mempermudah dalam urusan hidup. Selain itu, orang-orang yang beristighfar dan berdzikir akan semakin didekatkan dengan-Nya. Persoalan hidup bakalan dipermudahkan dan doa-doa dikabulkan

Tinggalkan komentar