Makin Produktif dengan Laptop Super Tipis Asus Zenbook 13, 14 dan 15

Sebagai pemain utama di industri laptop di Indonesia, Asus pastinya sangat serius untuk berkomiten menghadirkan inovasi dan teknologi terbaru. Di tengah pesatnya kemajuan teknologi sekaligus persaingan bisnis, Asus menghadirkan terobosan gadget-gadget tipis, elegan, seksi, namun juga tangguh.

 

Seperti dikutip dari selular.id, berdasarkan hasil survei Top Brand yang dilakukan oleh Frontier Consulting Group, ASUS meraih 23,6% untuk Top Brand Index (TBI). Artinya, 23,6% dari konsumen pria dan wanita berusia 15 sampai 65 tahun dengan dengan tingkat pengeluaran per bulan hingga Rp1-3 juta memilih ASUS jika mereka ingin membeli laptop.

Kini, Asus ZenBook dilahirkan demi memenuhi kebutuhan dan hasrat paraprofesional yang mengharapkan perangkat komputer dengan segala optimasi fungsinya yang ringkas namun high performance.

Hari ini, Kamis (17/01) bertempat di Hotel Pullman , Jakarta Asus kembali menghadirkan inovasinya di Indonesia. Produk bertipe ZenBook tipis dan paling ringkas di kelasnya, untuk segmen 13, 14 dan 15 inci dan sudah diperkuat prosesor terbaru Intel Core generasi ke-8, baik Core i5 ataupun Core i7 siap merebut pangsa pasar tambahan 5-10 persen pada produk ultrathin. Sebelumnya, produk ini telah diluncurkan pada acara IFA 2018 di Berlin.

 

The World’s Smallest 13, 14, 15 Inch Laptop

Pada akhir Oktober 2018 lalu, Asus baru saja memperkenalkan notebook ultrathin terbarunya, yakni Zenbook S UX391UA. Kehadiran notebook ini sekaligus menjadi penanda bahwa Asus akan makin fokus menggarap segmen notebook premium, utamanya ultrathin. Asus Zenbook S UX391UA tentunya menjadi penanda bahwa keseriusan Asus untuk semakin fokus ke segmen notebook dengan desain thin and light. 

Desain tipis namun ergonomis

Dalam hal ini Asus tentu tidak asal coba-coba. Ini tak lepas dari tren pasar notebook di masa depan untuk segmen premium. Buktinya tak perlu hitungan tiga kali puasa tiga kali lebaran, Asus kembali menghadirkan produk ultra-thin-book-nya.

Kali ini, produk terbaru Asus menjanjikan performa terbaik dengan pilihan ukuran dan spesifikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan tampilan NanoEdge empat arahnya yang cantik menghadirkan visual yang luar biasa. Dan desain inovatifnya memanfaatkan setiap fitur, membantu kita mengendalikan tantangan apa pun yang menghadang.

Uniknya produk ini tersedia dalam ukuran layar yang berbeda, yaitu 13, 14 dan 15 inci. Asus Zenbook terbaru ini dirancang dengan layar NanoEdge empat sisi tanpa bingkai yang memberi pengalaman visual yang paling mendalam. Dengan rasio layar-ke-tubuh 95 %1, kita akan mendapatkan area layar terbanyak dalam ruang fisik paling sedikit. Artinya, desain ultrabook terbaru dari Asus ini sangat ergonomis. Disesuaikan dengan tubuh pengguna. Ini adalah era baru desain ultrathin, ultralight dan ultraportable.

Selain memiliki desain yang super tipis dan menarik, ketiga laptop ini juga memiliki layar dengan resolusi full HD. ZenBook 13 (UX333) memiliki layar dengan lebar 13,3 inci, Zenbook 14 (UX433) memiliki layar dengan lebar 14 inci dan Zenbook 15 (UX533) memiliki layar dengan lebar 15,6 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixel untuk Zenbook 13 dan 14. Sedangkan Zenbook 15 memiliki layar dengan resolusi 3820 x 2160 pixel. Dengan resolusi layar full HD seperti ini, laptop ini mampu menampilkan gambar secara tajam dan jernih. So, aman banget untuk membuat desain atau sekedar menonton film secara maraton.

Bagi yang suka typo seperti saya, ZenBook terbaru dari Asus ini memperkenalkan NumberPad baru, sebuah touchpad yang berfungsi ganda sebagai keypad numerik digital yang memungkinkan kita untuk memasukkan angka dengan mudah. Ini inovasi di ujung jari, literally.

Dalam hal engsel pun Asus tak ingin main-main. Engsel ErgoLift eksklusif secara otomatis mampu memiringkan keyboard ke posisi mengetik yang paling nyaman. Disesuaikan dengan postur badan. Smart design Asus ini juga ternyata mempu meningkatkan kinerja cooling system dan audio. Audio pada Asus seri ini berteknologi Sonic Master yang merupakan besutan antara Asus dan Harmon Kardon.

Long life dan tangguh

Ultrabook Asus terbaru ini ditanam dengan baterai dengan ketahanan hingga 15 jam. Konon pengguna tak perlu khawatir laptop akan melambat karena produk ini dilengkapi dengan super-efficient Intel® Core™ i7 processor. Sehingga untuk dibawa traveling atau pun meeting dan kerja seharian tidak akan jadi masalah. Ini berguna sekali bagi saya yang sering turun ke lapangan ke lokasi yang listriknya hanya menyala selama delapan jam sehari atau bahkan tanpa akses listrik.

Kalau sudah bicara tentang body yang tipis, tentu yang sering menjadi kekhawatiran adalah “oh produknya pasti ringkih!” atau “kalau ketimpa-timpadi dalam tas gimana?” dan ternyata Asus Zenbook 13, 14, dan 15 ini memang sengaja didesain agar tahan terhadap kondisi-kondisi sulit.

Asus Zenbook 13, 14, dan 15 ini telah memenuhi standar militer dengan sertifikasi MIL-STD-810G untuk guncangan dan ketahanan. Produk ini telah diuji di lingkungan yang keras dan juga tes dengan dijatuhkan. Standar Asus ini melampaui standar industri yang memang menuntt keandalan dan daya tahan produk.

Asus Zenbook 13, 14, dan 15 telah dibekali dengan port USB 3.1 Gen 2, port Type-C, port USB Type-A, port USB 2,0, port HDM, port MicroSD atau SD Card, port jack audio dan memiliki sistem operasi Windows 10. Dengan segala keunggulan yang dimilikinya, Asus ZenBook 13, 14 dan 15 ini menjadi laptop ultraportable yang sempurna untuk para profesional. Sudahlah ultrathin, ultraportabl pula.

Sebagai pembanding, ketiga laptop ini memiliki RAM dengan pilihan 8GB atau 16GB dan dilengkapi dengan internal memori sebesar SSD 512GB atau 256GB PCIe 3.0 x2 hingga SSD 1TB PCie 3.0 x4. Tak ketinggalan, Asus juga melengkapi ketiga laptop ini dengan fitur gigabit-class WiFi dan ASUS WiFi Master technology yang memungkinkan para pengguna ZenBook 13, 14 dan 15 untuk mendapatkan kecepatan download tinggi, serta kualitas streaming yang lebih baik dengan jangkauan jaringan yang luas dan stabil. Mantap!

Agar lebih memudahkan, berikut adalah tabel perbedaan Asus Zenbook 13, 14, dan 15 yang diambil dari www.asus.com.

 

Tantang produktivitas pengguna

Asus Zenbook 13, 14, dan 15 memang hadir demi menunjang produktivitas penggunanya. Asus ZenBook 13 dan 14 telah hadir dengan fitur eksklusif ASUS NumberPad. Fitur ini merupakan pengganti tombol numpad fisik yang tidak bisa dihadirkan di laptop berukuran kecil. Hanya dengan menekan ikon di ujung touchpad, NumberPad akan muncul lewat lampu LED yang sudah terintegrasi dengan touchpad.

NumberPad berguna untuk pengguna yang sering memanfaatkan tombol numpad untuk memasukkan data ataupun melakukan perhitungan lewat aplikasi kalkulator. Sementara di ZenBook 15, ASUS tetap menghadirkan tombol numpad fisik karena dimensi laptop ini cukup besar untuk menampung tombol tersebut.

Hal menarik lain dari produk ini adalah kamera 3D inframerah HD. Teknologi ini memunkinkan user untuk login dengan scanner wajah dari Windows Hello. Bahkan ini juga bisa digunakan di tempat gelap. Bagi yang suka lupa pin dan password seperti saya, ini akan sangat membantu sekali.

Sebagai kaum millenial yang sering bekerja secara mobile, konektivitas gadget tentu menjadi pertimbangan tersendiri. Nah, Asus Zenbook terbaru ini tetap tampil dengan USB 3.1 Type-A sehingga penggunanya tetap bisa menghubungkan berbagai perangkat yang dibutuhkan. Tak hanya itu, untuk perangkat yang lebih modern, ASUS menyediakan port USB 3.1 Gen 2 Type-C yang memiliki kecepatan transfer data hingga 10Gbps. Sebagai tambahan, port HDMI, combo audio jack, dan pembaca kartu MicroSD ikut dihadirkan di jajaran laptop ZenBook terbaru ini. Kurang lengkap apa lagi, huh?

 

Dengan segala teknologi yang ditawarkannya, tentu Asus harusnya semakin memacu produktivitas penggunanya. Tak hanya sekedar menang punya gadget canggih nan sophisticated, generasi millenial pun tentu harus mampu mengoptimalkan kemampuan yang telah ditawarkan oleh gadget tersebut demi kinerja yang semakin melangit.

Sekarang, jatahnya berkirim shalawat nabi dulu demi mendapatkan Asus Zenbook seri terbaru. Semakin kesini semakin saya ngiler dan merasa sangat perlu untuk menggunakan gagdet dengan teknologi mutakhir dengan penampilan yang seksi. Terlebih saya mengajar di kampus teknik dimana semuanya telah siap untuk menyongsong era industri 4.0 demi kemajuan bangsa Indonesia.

4 pemikiran pada “Makin Produktif dengan Laptop Super Tipis Asus Zenbook 13, 14 dan 15”

Tinggalkan komentar