Langkah Mudah Turunkan Demam Pada Bayi

Beberapa kondisi kesehatan seperti diare, perut kembung, hidung bayi mampet sebelah sampai dengan demam memang menjadi kondisi yang kerap kali dialami oleh si kecil. Bayi memang cenderung lebih mudah terserang penyakit dibandingkan dengan orang dewasa, karena kekebalan tubuhnya yang lebih lemah. Penyakit-penyakit tersebut bisa saja menjangkiti karena berbagai faktor. Salah satu diantaranya yang paling umum dirasakan oleh bayi adalah demam.

Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh mengalami peningkatan, yaitu sampai dengan suhu 38 derajat Celcius. Ketika mengalami kondisi semacam ini tentunya orang tua juga akan khawatir bukan. Berikut ini diantaranya beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobati demam pada bayi, yaitu:

  1. Mandikan buah hati dengan air hangat, mandi menggunakan air hangat memiliki banyak manfaat, termasuk diantaranya adalah membuat tubuh menjadi lebih rileks, sehingga bisa cepat mengeluarkan panas tubuh, membuat suhu tubuhnya kembali normal.
  2. Berilah asi secara cukup, ketika buah hati mengalami demam aka penuhi asupan cairan tubuhnya. Diantaranya adalah dengan memberikan asi secara cukup. Hal ini mencegah terjadinya dehidrasi pada buah hati. Juga membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus maupun bakteri.
  3. Kenakan pakaian yang nyaman, hendaknya pilihlah baju dengan bahan yang tipis, hindari pemakaian baju yang terlalu tebal atau bertumpuk, karena akan membuat mereka menjadi tidak nyaman.
  4. Usapkan minyak telon ke badan bayi, untuk meredakan demam yang disebabkan oleh masalah pernapasan atau mungkin pencernaan, maka bisa diatasi dengan mengusapkan Sleek Baby telon oil ke tubuh mereka. cara yang satu ini juga efektif untuk mengatasi perut bayi kembung.
  5. Jika memang harus menggunakan obat-obatan, maka pilihlah obat yang tepat sesuai dengan usia si kecil. Jika perlu hendaknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika suhu tubuh buah hati Anda tak kunjung turun setelah dilakukan upaya-upaya tersebut, maka segera datang ke dokter, karena bisa jadi demam ini disebabkan oleh hal-hal yang serius.

Leave a Reply