Keteladanan, Solusi Pembinaan Pemimpin Muda

Ketika kita bicara tentang pembinaan pemimpin muda, maka yang kita bicarakan sesungguhnya adalah tentang masa depan bangsa kita, yang kita bicarakan adalah tentang masa depan anak-anak muda kita, dan yang kita bicarakan adalah tentang apa yang bisa kita lakukan sekarang untuk menyiapkan satu rumus untuk kita bisa eksis dan memberi manfaat pada masa yang akan datang.

Dasar Pembinaan Pemimpin Muda

Tentu, menyoal urgensi pembinaan pemuda, adalah wajib dalam pembahasan kali ini. Setidaknya ada dua hal urgen yang mendasari kenapa pembinaan pemimpin muda itu perlu dilakukan.

1. Pembinaan ini di pandang sangat perlu karena anak-anak muda secara ‘SAH’ sebagai pelanjut dan penerus generasi para pendahulu.

2. Ini berkaitan tentang konten, atau ISI dari generasi yang akan kita siapkan.

Jadi, pembinaan yang dimaksudkan di sini adalah untuk dua hal tersebut; Ada pelanjutnya, dan ada kapasitas dari pelanjut tersebut.

Dan urgensi ini, selalu menarik ketika kita bedah tentang seperti apa langkah-langkah yang harus kita tempuh agar kita sampai pada dua hal tersebut.

Langkah-Langkah Menyiapkan Pemimpin

Sungguh, memastikan anak-anak muda kita paham dan sadar bahwa mereka adalah generasi pelanjut juga bukan persoalan yang mudah, apalagi ditengah menguatnya pilihan hidup sendiri (egois bin cuek), bilapun bersama dalam komunitas, kesadaran tentang tanggungjawab dalam mengisi dan menyiapkan stok kepemimpinan di masa yang akan datang pun belumlah jelas arah dan konsentrasinya.

Dan tentu, yang pertama tadi berkaitan juga dengan yang kedua, tentang isi atau kapasitas. Meski keduanya relative dapat diselesaikan dalam ruang yang berbeda, namun sejatinya, saling berkaitan dan bisa seiring seirama.

Kalau persoalan pemahaman dan kesadaran, tentu, dengan agenda-agenda yang umum, semacam seminar, diskusi atau semacamnya, ini bisa menjadi sarana untuk menggugah juga menghadirkan pemahaman tersebut.

Tetapi kalau bicara tentang kapasitas, atau tentang ‘memberi isi’ dari sebuah produk, tentu ini dibutuhkan satu rumus yang sangat komprehensif, mulai dari penyiapan, pengelolaan, pembinaan dan penugasan yang tersistem dan ber orientasi pada aspek kepemimpinan dan pemahaman kebangsaan secara proporsional. Atau sesuai dengan apa yang di kehendakinya, yang jelas, dibutuhkan satu rumus untuk mengisi konten tersebut.

Ketika kita telah selesai bicara tentang urgensi, maka, memastikan seperti apa rumusannya, juga sama pentingnya. Dan dalam dua hal yang harus terpenuhi dalam makna urgensi tadi, sesungguhnya bisa kita Tarik tentang seperti apa rumus nya. Sejauh dalam pengalman kami dan interaksi secara langsung dalam bab ini, kita menemukan satu titik temu tentang solusi menyelesaikan satu agenda tersebut; pembinaan pemimpin muda.

Solusi atau hal yang relative masih sangat relevan untuk kita hadirkan adalah DAKWAH HUNIAN.

Dalam Dakwah Hunian, sesungguhnya kita mempertemukan dua hal; yang sangat mendasar dan membedakan dengan banyak rumus dalam ‘menyiapkan kepemimpinan’, yaitu intensif, dan akseleratif. Ini yang secara nyata memberi dampak besar pada lahirnya pemimpin-pemimpin muda yang cakap, tangguh, berintegritas dan punya orintasi yang jelas. Dan dalam keduanya, terkandung satu nilai besar dalam transfromasi nilai-nilai di dalam dakwah hunian itu sendiri. Yaitu keteladanan.

Sebagai tambahan, kalau disederhanakan dalam satu kalimat yang sederhana; dengan pola yang INTENSIF & AKSELERATIF dakwah hunian adalah kunci dari penyiapan stok kepemimpinan yang ber orientasi juga ber kapasitas.

Tinggalkan komentar