Nutrisi Super untuk Penyembuhan Luka

Nutrisi merupakan aspek penting dalam kehidupan. Nutrisi dapat beperan dalam penyediaan energi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya. Nutrisi juga faktor yang dapat mempercepat penyembuhan luka.  Saat mengkonsumsi  buah atau sayuran tertentu  dapat membantu sistem kekebalan tubuh, meningkatkan proses pembentukan jaringan baru, dan mempercepat proses penyembuhan luka. Berikut ini beberapa makanan super yang dapat anda konsumsi untuk mempercepat penyembuhan luka anda.

Tomat

Tomat memiliki kandungan lycopene dimana berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan lycopene dalam tomat dapat melindungi tubuh dari oksidasi yang merusak jaringan, serta berperan dalam membangun sistem imunitas pertahanan tubuh yang baik.

Oleh karena itu, tomat juga memiliki peranan penting khusunya dalam megurangi resiko infeksi pada luka.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran dimana mengandung phytonutrien. Menurut National Institute of Health, kandungan tersebut dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi imunitas. Selain itu kandungan vitamin C pada brokoli berperan dalam perbaikan jaringan yang mengalami kerusakan.

Kedelai

Nutrisi lain yang penting dikonsumsi untuk penyembuhan luka terdapat pada kedelai. Kedelai memiliki kandungan vitamin A, C, D,E, K dimana menyehatkan fungsi pencernaan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan kesehatan kulit. Kedelai memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sangat baik untuk pembentukan jaringan baru.

Kacang Hitam (Black Beans)

Kacang hitam (Black Beans) merupakan makanan super untuk  penyembuhan luka. Menurut U.S Departement of Agriculture, ½ sendok kacang hitam mengandung 8 gram protein.

Selain itu, kacang hitam juga memiliki kadar garam dan lemak yang rendah. Kandungan protein yang tinggi ini, sangat dibutuhkan tubuh untuk pembentukan jaringan baru.

 

Source:  advancetissue.com

Leave a Comment