Luka Tak Kunjung Sembuh, Waspada Luka Anda Terinfeksi !!!

Tidak sedikit penderita yang menderita luka-luka karena berbagai sebab: trauma, bekas operasi, efek radiasi, terlalu lama berbaring, atau pertumbuhan sel-sel kanker sampai ke luar kulit. Terdapat dua jenis luka menurut waktu penyembuhannya. Ada luka akut yang sembuh sesuai dengan waktu tahapan penyembuhan luka secara normal, dan luka kronis yaitu luka yang mengalami kegagalan dalam penyembuhan lukanya.

Luka yang berlangsung selama beberapa minggu atau berbulan-bulan bahkan tahunan. Banyak luka tidak dapat segera sembuh karena kurang perawatan. Semua jaringan nekrotik harus dibuang, infeksi di jaringan sekitar ditangani dengan antibiotik, dan penanganan luka yang memadai pun dilakukan.
Yuk, perhatikan perbedaan bersih atau infeksi berikut ini.

Ciri-ciri luka bersih

  • Kulit di sekitar luka tampak relatif normal
  • Kulit tidak perih jika disentuh dan tidak hangat ataupun bengkak
  • Jika luka tersebut adalah luka akut, otot yang terekspose akan tampak normal. Jika luka tersebut adalah luka yang sudah lama, mungkin dapat dijumpai jaringan granulasi (jaringan merah terang yang berdarah jika diusap) di atas luka.
  • Tidak ada jaringan nekrotik di atas luka.
  • Di atas luka mungkin dijumpai material fibrous (eksudat, lihat di bawah) di atas luka – tapi tidak cair, seperti nanah.

Ciri-ciri luka infeksi

  • Kulit di sekitar luka biasanya berwarna merah dan hangat dan bengkak
  • Pada luka tersebut bisa dijumpai nanah dan jaringan nekrotik.
  • Pada umumnya luka terinfeksi lebih terasa nyeri dibanding luka yang bersih.

Sangatlah penting untuk membedakan luka bersih dengan luka yang terinfeksi karna akan mempengaruhi terhadap perawatan dan pengobatannya.

Hubungi Spesialis Luka

Mikroorganisme ataupun bakteri jika sudah menginfeksi luka sangatlah berbahaya. Jaringan akan rusak, infeksi dapat menyebar ke seluruh tubuh serta menghambat proses penyembuhan luka. Segera anda menghubungi spesialis luka jika luka anda mengalami lemas seluruh tubuh, demam tak kunjung mereda ataupun terdapat cairan berwarna kuning ataupun hijau merembes dari luka.

Home Care Perawatan Luka di Rumah

Untuk menghindari luka dari infeksi maka harus dirawat dengan cara yang baik dan benar. Jika anda memiliki luka dan khawatir tidak bisa merawatnya dengan benar, maka jangan khawatir, www.icareindonesia.com solusinya. Disini anda akan mendapatkan perawatan luka terbaik dari tenaga perawat luka yang profesional. Lebih hebatnya lagi, anda bisa akses langsung perawatan luka ini dari rumah anda dan perawatan luka terbaik akan datang langsung ke rumah anda. Lebih simple dan efisien bukan?

Leave a Comment