Penting! Inilah 5 Fakta tentang Radikal Bebas dan Antioksidan

apakah kamu sering mendengar istilah ‘radikal bebas’? Yap, kamu mungkin sering mendengar istilah ini di iklan-iklan suplemen. Terus biasanya, istilah radikal bebas didampingi dengan antioksidan. Nah, apa sebenernya yang dimaksud dengan radikal bebas? Kalau antioksidan itu fungsinya apa? Apa sumber-sumber radikal bebas dan antioksidan? Check it out, Teman Sehat.

1. Apa sih arti radikal bebas?

Radikal bebas adalah zat kimia yang sangat aktif dan berpotensi untuk merusak sel. Lebih detilnya, radikal bebas terbentuk ketika satu buah atom atau molekul (zat kimia yang memiliki dua atau lebih atom) kehilangan atau mendapatkan elektron, yaitu partikel bermuatan negatif yang ditemukan dalam atom.

2. Gimana radikal bebas bisa terbentuk?

Radikal bebas dibentuk secara alami di dalam tubuh, terutama ketika tubuh mengubah makanan menjadi energi. Pas duduk di bangku SMP dan SMA, pasti kamu pernah tau kalau ada proses panjang yang dilalui makanan sebelum menjadi energi. Nah, di situlah banyak dihasilkan zat-zat sampingan yang bersifat racun dalam tubuh, atau biasa disebut radikal bebas. Selain itu, tubuh juga terpapar pada radikal bebas dari lingkungan, misalnya asap rokok, polusi udara, dan sinar matahari siang.

3. Apa dampak radikal bebas buat tubuh?

Radikal bebas ini menyebabkan sel tubuh stres. Iya, sama dengan manusia yang bisa stres dan tertekan, sel juga bisa stres, tapi istilah stres dalam sel adalah ‘stres oksidatif’, yang bisa memicu kerusakan sel. Gampangnya, radikal bebas menyebabkan stres oksidatif yang memicu kerusakan sel.

Dalam jumlah yang banyak, radikal bebas membahayakan tubuh dan merusak sebagian besar komponen sel, termasuk DNA, protein, dan membran sel. Kerusakan pada sel yang disebabkan oleh radikal bebas, terutama pada bagian DNA bisa menyebabkan kanker dan gangguan kesehatan lainnya.

4. Nah, terus apa sih arti antioksidan?

Antioksidan adalah zat yang berfungsi ‘melawan’ radikal bebas. Antioksidan bekerja melalui dua cara: (1) mencegah radikal bebas masuk merusak sel tubuh (2) melawan radikal bebas yang berhasil masuk ke dalam sel, sebelum merusak sel tubuh. Walau tubuh bisa menghasilkan antioksidan, namun antioksidan lebih banyak didapatkan dari luar tubuh, terutama dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

5. Apa contoh antioksidan?

 

Beberapa contoh antioksidan adalah vitamin C, E, selenium, dan karotenoid seperti beta-karoten, likopen, lutein, dan zeaxanthin. Selain itu, kamu mungkin pernah mendengar gluthione, coenzyme Q10, lipoic acid, flavonoid, polifenol, fitoestrogen, dan lain-lain. Sumber antioksidan adalah sayur dan buah yang ternyata bukan cuma terjangkau dan mudah ditemukan, ternyata sayur dan buah adalah sumber antioksidan terbaik buat tubuh dibandingkan suplemen.

Itulah 5 fakta tentang radikal bebas dan antioksidan yang wajib kamu tau. Penasaran, gimana caranya antioksidan bekerja? Terus, hoax ngga sih kalau antioksidan bisa mencegah berbagai penyakit? Nantikan artikel berikutnya ya!

PS. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar radikal bebas dan antioksidan, boleh banget ditanyakan di kolom komentar, Teman Sehat.

1 thought on “Penting! Inilah 5 Fakta tentang Radikal Bebas dan Antioksidan

Leave a Comment