Penjelasan Lengkap Tentang Buah Nanas Untuk Ibu Hamil

Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat melunakan leher rahim dan dapat memicu terjadinya kontraksi rahim. Namun, untuk mendapatkan efek bromelain yang terdapat pada nanas di perlukan kurang lebih 7 buah nanas…

…meski demikian belum ada penelitian ilmiah yang mendukung kesimpulan diatas, namun kesimpulan di atas di dapat dari review medis dokter.

Dengan kata lain jika Anda hanya mengonsumsi sedikit atau 1-2 potong buah nanas tentu ini tidak masalah. Namun perlu Anda ketahui bahwa nanas bersifat asam dan merangsang, sebaiknya dihindari saat hamil terutama dikehamilan hingga 4 bulan…

…karena nanas bersifat asam dapat menyebabkan peningkatan asam lambnung, mual dan muntah.

Ibu Hamil Makan Nanas, Boleh Atau Tidak?

…Boleh

Ibu hamil sebenarnya boleh mengonsumsi buah nanas, untuk lebih berhati-hati alangkah baiknya jika ibu hamil mengonsumsinya saat usia kandungan di atas 12 minggu, dan jangan dikonsumsi saat usia kandungan di bawah 12 minggu, karena risiko Anda mengalami kontraksi lebih besar.

Jangan Makan Buah Nanas Berlebihan

Jangan memakan buah yang satu ini secara berlebihan cukup beberapa potong saja perharinya, jika Anda mengalami gejala-gejala tertentu setelah mengonsumsi buah nanas, Anda harus segera untuk tidak mengonsumsinya lagi…

…dan langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan. Jika Anda takut terjadi sesuatu, akibat makan buah nanas saya sarankan Anda tidak usah memakannya sama sekali selama kehamilan dan mengganti dengan buah lain.

Jangan Mengonsumsi Nanas Muda, Pilihlah Yang Telah Matang / Tua

Jika Anda ingin mengonsumsi buah nanas, saya sarankan untuk memilih buah yang telah cukup matang, dan jangan memilih buah nanas muda, karena efek bromelain yang terkandung pada nanas muda dapat mendatangkan efek pencahar parah, hal ini tentu akan menyebablan diare.

Hindari Nanas Yang Asam

Sebaiknya Anda jangan memakan buah nanas yang asam karena dapat menggangu lambung dan dapat menyebabkan mulas atau sakit perut.

Jika hanya 1-2 potong sebenarnya tidak masalah, namun jika perut Anda mengalami mulas lebih baik hentikan mengonsumsi nanas yang asam.

Bahaya Makan Buah Nanas Secara Belebihan

Bisa menyebabkan beberapa efek samping, diantaranya:

– Diare

– Kontraksi

– Kelahiran Prematur

– Keguguran Atau Kelahiran Dini

– Berdampak Buruk Pada Kulit Bayi

Untuk saat ini sangat di sayangkan, karena belum ada penelitian yang detail berapa porsi buah nanas yang dapat menyebabkan masalah di atas, jadi saya hanya dapat menyimpulkanya dengan kata “berlebihan”

Manfaat Buah Nanas Bagi Ibu Hamil

Membantu Menghilangkan Rasa Cemas

Cemas merupakan hal yang wajar terjadi pada ibu hamil. Kecemasan ini bisa di karenakan kekhawatiran takut terjadi sesuatu pada kandungan, perubahan berat badan dll.

Menurut sebuah penelitian, nanas mengandung vitamin dan flavonoid yang di percaya memiliki efek ansiolitik yang dapat menghilangkan rasa cemas pada ibu hamil (bumil).

Mempermudah Proses Persalinan

Seperti yang telah saya jelaskan di atas “pada paragraf 1” bahwa buah nanas mengandung bromelain yang dapat melunakan leher rahim, akan tetapi untuk mendapatkan efek dari bromelain  Anda harus mengonsumsi 6-7 buah nanas.

Dengan mengonsumsi nanas sebanyak itu, kemungkinan besar Anda mengalami diare sangatlah tinggi sebuah kondisi yang kurang bagus ketika sedang persalinan.

Jika Anda ingin mencoba hal ini tentu tidak ada salahnya, namun Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Untuk mendapatkan efek bromelain yang lebih banyak dan maksimal, Anda dapat mengonsumsi bagian inti nanas yaitu bagian tengah dari buah nanas, yang memiliki tekstur agak keras dan tidak begitu manis.

Untuk Lebih Lengkap… Langsung Saja Berkonsultasi Dengan Dokter Kadungan Anda

Leave a Comment