Jenis Makanan Yang Wajib Dihindari Saat Sakit Maag

Maag atau radang lambung ialah penyakit yang terjadi karena terjadinya luka atau radang di bagian dalam lambung. Penderita maag digolongkan menjadi beberapa bagian sesuai tingkat parah tidaknya maag, ada maag ringan, maag sedang, dan maag kronis. Maag biasanya terjadi karena mengonsumsi makanan tertentu yang menyebabkan asam lambung diproduksi lebih banyak, stres, pola makan tidak teratur, mengonsumsi alkohol, dan kurang tidur. Berikut adalah makanan yang harus di hindari ketika maag.

Makanan Yang Harus Di Hindari Saat Mag:

1.  Makanan Pedas

Makan-makanan dengan rasa pedas dapat melukai lambung. Makanan pedas tidak hanya terpaku pada jenis makanan yang mengandung lombok saja. Namun berbagai olahan makanan lain yang memiliki rasa yang pedas karena menggunakan rempah-rempah seperti; merica, paprika dan lainnya.

2.  Beberapa Jenis Karbohidrat

Sebagian jenis makanan yang mengandung karbohidrat juga tidak baik untuk lambung penderita maag. Sebisa mungkin hindarilah mengonsumsi ketan, mie, bihun, pasta, jagung, ubi, singkong dan talas, karena dapat memperburuk kodisi maag yang Anda alami.

3.  Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung lemak yang tinggi sebaiknya dihindari juga. Hal ini bertujuan supaya pencernaan pada tubuh tetap sehat. Contoh makanan yang berlemak tinggi misalnya saja daging sapi, daging asap, daging babi atau dan gorengan yang berminyak.

4.  Roti

Karena memiliki masalah dengan sistem pencernaan, makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita maag harus diperhatikan. Roti mengandung ragi yang akan memicu produksi gas berlebih di dalam lambung.

Jadi jika di konsumsi pada orang yang mengalami maag, gas berlebih tersebut akan memperburuk maag. Jadi, sebaiknya hindari roti untuk sarapan, penderita maag lebih baik untuk makan bubur.

5.  Kopi

Kopi bukanlah minuman yang cocok untuk di minum penderita maag, hal ini di karenakan asam dalam kopi dapat mengiritasi lapisan lambung, yang dapat menyebabkan produksi asam klorida berlebihan.

6.  Hindari Makanan Yang Manis

Jika lambung Anda bermasalah, makanan manis tidaklah baik untuk Anda. Mengapa tidak baik? Seperti yang Anda tahu, makanan dengan rasa manis pastinya mengandung gula refinasi yang dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin yang akan menyebabkan kenaikan gula darah.

Ketika gula darah Anda naik meningkat, kondisi perut denga lambung yang sakit akan membuat perih pada bagian dalam perut Anda. Hal tersebut bisa membuat tubuh Anda berkeringat dan gemetar, seperti yang diungkapkan oleh Robynne Chutkan, MD.

7.  Makanan Dengan Rasa Asam

Makanan asam bisa meningkatkan kadar asam lambung di dalam perut. Makanan yang asam bisa memicu refluks asam dan juga bisa memperburuk sakit lambung atau maag.

Berikut adalah beberapa makanan asam yang tidak boleh dikonsumsi seperti makanan yang diberi cuka, asinan buah dan sayur, acar, dan beberapa buah-buahan yang memiliki rasa asam.

8.  Makanan Yang Kadar Garamnya Tinggi

Bagi penderita maag lebih baik mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi. Karena akan memperparah penyakit maag yang diderita.

Itulah beberapa daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag, karena akan memperburuk kondisi.

Penderita maag diminta untuk tidak meminum minuman beralkohol dan juga minuman yang mengandung kafein. Kedua jenis minuman tersebut dapat berdampak pada meningkatnya asam lambung yang akan menyebabkan sakit maag yang parah.

Leave a Comment