Dampak / Bahaya Minum Kopi Saat Belum Makan (Perut Kosong)

Setiap pagi, bagi beberapa orang minum kopi jadi semacam kebiasaan memulai hari. Katanya “belum lengkap jika belum minum kopi”. Bahkan, ada sejumlah orang yang memang menu sarapannya kopi, bukan roti atau sereal. Jika Anda punya masalah dengan pencernaan, minum kopi dalam keadaan perut kosong bisa menjadi hal yang sangat buruk. Tidak hanya bagi yang memiliki masalah pencernaan, rupanya minum kopi dalam keadaan perut kosong atau saat pagi hari juga berbahaya bagi Anda yang tidak memiliki masalah pencernaan.

Akibat Minum Kopi Saat Perut Kosong Pada Pagi Hari:

1.  Asam Lambung Naik

Walaupun kopi rasanya pahit, kopi mengandung asam. Minum kopi dalam keadaan perut kosong akan meningkatkan kadar asam lambung.
 
Asam lambung meningkat dapat membuat perut Anda terasa mual, pusing hingga dapat menyebabkan vertigo.
 
Dikutip dari Positive Med, kadar asam lambung yang tinggi dapat mengakibatkan sejumlah masalah pencernaan, seperti radang perut, maag, rasa panas dalam perut serta sindrom iritasi usus besar.

2.  Perut Mulas

Masih terkait dengan kenaikan asam lambung yang dijelaskan sebelumnya. Mengonsumsi kopi saat perut belum terisi makanan akan membuat keasaman perut naik dan inilah yang kemudian menjadi faktor penyebab munculnya rasa mulas.

3.  Mudah Cemas & Stres

Percaya atau tidak, minum kopi pada waktu perut belum terisi apapun akan menyebabkan rasa cemas berlebihan. Hal ini di sebabkan karena kopi mampu memperburuk kondisi hormon serotonin yang rendah di pagi hari.
 
Hormon serotonin merupakan suatu hormon penting yang memicu rasa bahagia dan tenang sehingga tubuh menjadi rileks.
 
Bukan hanya cemas, seseorang juga akan menjadi gampang stres jika terbiasa minum kopi saat perut kosong di pagi hari.
 
Hal ini masih ada kaitannya juga dengan hormon serotonin yang rendah saat pagi hari dan mampu diperburuk dengan mengonsumsi kopi. Cemas juga dapat menjadi bagian dari rasa stres ini.

4.  Detak Jantung Lebih Cepat

Waspadai pula kondisi detak jantung yang bisa lebih cepat dari biasanya karena terbiasa mengonsumsi kopi pagi hari saat perut kosong.
 
Kafein di dalam kopi akan menjadi perangsang sistem saraf tubuh yang akhirnya malah mempercepat denyut jantung. Hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat beraktivitas.

5.  Gangguan Penyerapan Nutrisi

Didalam kopi mengandung kafein. Kafein berperan dalam mempercepat pengeluaran cairan dalam tubuh melalui kinerja ginjal. Orang yang gemar minum kopi, akan sering ke kamar kecil untuk buang air karena kafein.
 
Hal ini mengakibatkan tubuh tak memiliki waktu untuk penyerapan mineral seperti, seng, magnesium, kalsium serta mineral penting lainnya.
 
Minum kopi saat perut dalam keadaan kosong membuat tubuh kekurangan magnesium. Kekurangan magnesium dapat memicu terjadinya sejumla masalah kesehatan antara lain, kerusakan gigi, osteoporosis, migrain, hipertensi dan penyakit jantung.

6.  Kehilangan Nafsu Makan

Salah satu manfaat dari meminum kopi adalah membantu dalam menurunkan berat badan. Sebab, kopi memang memiliki efek dalam menekan nafsu makan. Walaupun demikian, sebaiknya tidak mengonsumsinya saat lambung kosong.
 
Jika ingin memanfaatkan kopi untuk menurunkan berat badan, minum di siang hari setelah makan. Bagaimana pun juga, sarapan tidak boleh terlewatkan.

7.  Dehidrasi

Minum kopi dalam keadaan perut kosong akan meningkatkan kecepatan cairan tubuh untuk dicerna dan dapat menyebabkan dehidrasi. Seringnya membuang urine dapat menyebabkan dehidrasi karena terlalu sering mengeluarkan cairan dalam tubuh.
 
Hal ini otomatis akan menguras cukup banyak energi dan akhirnya malah berdampak juga pada kepala yang akan menjadi pusing.
 
Lalu Kapan Saat Yang Tepat Mengonsumsi Kopi ?

Menurut studi dan penelitian, waktu yang ideal meminum kopi yaitu setelah sarapan, antara pukul 10 pagi atau siang hari dan tidak boleh saat perut sedang kosong.

Leave a Comment