8 Manfaat Minum / Mengkonsumsi Kopi Bagi Kesehatan

Kopi sering di kaitkan sebagai penghilang kantuk. Kopi akan memberikan segudang manfaat jika di kosumsi dengan benar namun juga dapat memberikan efek samping atau bahaya jika di konsumsi dengan berlebihan. Kopi mengandung nutrisi, kafein dan antioksidan yang sangat bak untuk kesehatan. Selain dapat menghentikan kantuk, berikut beberapa khasiat atau manfaat kopi bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Megkonsumsi Kopi Untuk Kesehatan:

1.  Baik Untuk Hati

Hati merupakan salah satu organ vital tubuh karena memiliki fungsi yang penting. Mengonsumsi kopi dapat membantu mencegah kanker hati, hepatitis, penyakit hati berlemak dan sirosis alkohol.

Orang yang minum 3 atau lebih cangkir kopi hitam setiap hari memiliki 80% kemungkinan lebih rendah untuk terkena penyakit hati. Hal ini di karenakan kopi membantu menurunkan kadar enzim hati yang berbahaya dalam darah.

2.  Membersihkan Perut

Kopi ialah minuman diuretik sehingga membuat orang yang meminumnya sering buang air kecil. Saat Anda buang air kecil, semua racun dan bakteri akan keluar dengan mudah dalam bentuk urine.

3.  Mencegah & Mengatasi Depresi

Sebuah penelitian menunjukan bahwa adanya keterkaitan antara kopi dengan turunnya resiko depresi pada seseorang. Yang paling rentan mengalami depresi adalah kaum wanita, kandungan di dalam kopi dapat berfungsi untuk melawan depresi.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa minum kopi dapat mengurangi resiko terkena depresi sebesar 10%, jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak minum kopi sama sekali.

4.  Meningkatan Memori Otak (Daya ingat)

Dari situs resmi RSNA.org. Ada sebuah studi yang dilakukan di tahun 2005, yang dipublikasian di Radiological Society of North America. Penelitian yang dilakukan tersebut menunjukan bahwa minum kopi memiliki keterkaitan dengan peningkatan memori otak.

Dimana penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang minum 2 cangkir kopi berkafein dalam sehari mengalami peningkatan memori jangka pendek.

Peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi 100 miligram kafein (sekitar dua cangkir kopi) mampu memberikan peningkatan aktivitas di daerah otak yang berhubungan dengan peningkatan fungsi memori dan kemampuan fokus pada otak.

5.  Mencegah Penyakit Batu Empedu

Penelitian pada tahun 2002 yang di lakukan di Harvard menemukan kesimpulan bahwa wanita yang mengkosumsi kopi mampu menurunkan risiko penyakit batu empedu. Hal ini juga berlaku bagi para pria berdasarkan studi lainnya yang telah dilakukan.

6.  Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Sebuah penelitian menunjukan bahwa kandungan kafein yang terdapat pada kopi bermanfaat untuk meminimalisir kerontokan pada rambut. Kandungan antioksidan di dalam kopi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

7.  Meningkatkan Metabolisme Tubuh & Menurunkan Berat Badan

Pada sebuah penelitian pada tahun 1980, penelitian tersebut menunjukan bahwa kopi yang memiliki kandungan kafein, berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Adapun orang yang gemuk akan mendapatkan manfaat untuk membantu penurunan kadar lemak di dalam tubuh (menurunkan berat badan), Hal ini di karenakan metabolisme tubuh yang meningkat dapat membantu menurunkan berat badan bagi mereka yang mengalami obesitas.

Kopi juga mengandung beberapa zat aktif biologis yang merangsang kerja metabolisme tubuh. Kandungan kafein bekerja untuk merangsang sistem saraf  guna mengoptimalkan proses pememecahan lemak di dalam tubuh.

8.  Kopi Menurunkan Resiko Kanker

Kandungan kopi sudah dikaitkan dengan menurunnya risiko kanker, yaitu berupa penurunan risiko kanker hati, kanker endometrium, kanker payudara dan kanker prostat.

Pada sebuah studi tahun 2008 di Swedia, hasil penelitian menunjukan bahwa dengan minum 2 – 3 cangkir kopi dalam sehari mampu menurunkan risiko kanker payudara.

Leave a Comment