7 Manfaat Hebat Olahraga Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Anda telah mengetahui bahwa olahraga bagus untuk Anda, akan tetapi hal ini akan lebih bermanfaat saat Anda hamil. Olahraga adalah bagian penting dari kehamilan yang sehat sehingga American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan setidaknya 20 sampai 30 menit olahraga intensitas sedang setiap harinya, banyak sekali manfaat berolahraga bagi ibu hamil yang bisa di dapatkan, Berikut penjelasanya.

Berikut Adalah 8 Manfaat Berolahraga Selama Kehamilan:

1.  Meningkatkan Energi Anda

Kehamilan melemahkan energi Anda, akan tetapi olahraga teratur dapat membantu Anda menjalani tugas sehari-hari Anda atau mengatasi jadwal yang mendesak dengan lebih mudah.

Hal ini dikarenakan olahraga akan memperkuat sistem kardiovaskular Anda, jadi Anda tidak mudah lelah dan Anda memiliki energi untuk menjalani tugas sehari-hari.

2.  Tidur Lebih Nyenyak

Seiring perkembangan kehamilan Anda, menemukan posisi tidur yang nyaman bisa menjadi tantangan. Tapi dengan berolahraga bisa membuat Anda cukup lelah dan membuat Anda lebih mudah tidur nyenyak.

3.  Menurunkan Risiko Penyakit Terkait Kehamilan

Studi menunjukkan bahwa berolahraga selama kehamilan dapat menurunkan risiko diabetes gestasional dan preeklamsia.

(Jika Anda pernah didiagnosis dengan preeklampsia atau hipertensi gestasional, pastikan untuk berbicara dengan dokter tentang olahraga untuk Anda. Tergantung pada kondisi Anda dan trimester kehamilan Anda)

Pada ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional, olahraga teratur dapat membuat perbedaan yang signifikan:

Salah satu studi menemukan bahwa ketika ibu hamil (bumil) dengan diabetes gestasional berolahraga cukup 3 kali seminggu, risiko memiliki bayi makrosomia (sangat besar) berkurang sebesar 58%, yang menyebabkan 34% lebih rendah risiko kelahiran sesar.

4.  Mengurangi Kegelisahan Kehamilan

Olahraga teratur akan memperkuat otot Anda, yang membantu tubuh Anda mengatasi rasa sakit dan nyeri terhadap kehamilan.

Melakukan peregangan dan yoga dapat mengurangi rasa nyeri, joging (berjalan) dapat meningkatkan sirkulasi tubuh Anda, dan berenang dapat memperkuat otot perut Anda.

5.  Mempersiapkan Untuk Persalinan

Berolahraga akan membuat kondisi tubuh Anda menjadi lebih baik, hal ini akan membantu mempersiapkan Anda untuk menghadapi proses persalinnan.

Melahirkan bisa di samakan dengan lari maraton, karena keduanya sama-sama membutuhkan stamina, tekad, dan fokus.

Meskipun belum diteliti dengan baik, mempersiapkan persalinan dengan berolahraga dapat mempermudah persalinan dan bahkan memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk melahirkan bayi Anda.

Sebuah studi menemukan bahwa ibu hamil yang berpartisipasi dalam program olahraga tiga kali seminggu selama kehamilan berlangsung, proses persalinanya menjadi lebih cepat di bandingkan ibu hamil yang tidak berolahraga.

6.  Mengurangi Stres & Meningkatkan Semangat

Hamil bisa membuat Anda stres dan membuat Anda sering mengalami perubahan suasana hati. Satu studi menemukan bahwa olahraga meningkatkan kadar serotonin, zat kimia otak yang terkait dengan suasana hati, yang dapat membuat Anda lebih bersemangat.

7.  Menjaga Berat Badan Agar Sehat

Saat Anda hamil, otomatis berat badan Anda menjadi meningkat tajam dari berat badan Anda sebelumnya. Dengan rutin berolahraga dapat menjaga berat badan Anda agar tetap sehat dan tidak terlalu banyak memiliki lemak.

Dengan sejumlah manfaat olahraga di atas semoga Anda dapat rutin berolahraga, ini semua tentu saja demi kesehatan Anda dan bayi Anda.

Leave a Comment