7 Makanan Yang Dapat Mengobati Penyakit Flu Dengan Cepat

Tidak ada yang menyenangkan tentang pilek atau flu. Tubuh lemas, sakit kepala, hidung tersumbat dan sakit perut adalah hal yang sudah umum terjadi.

Namun menurut para ahli, hanya dengan minum air saja tidak cukup untuk melawan penyakit tersebut.”Tubuh Anda diserang oleh beragam virus dan penyakit,” Zhaoping Li, direktur Pusat Nutrisi Manusia di Universitas California-Los Angeles, mengatakan kepada The Huffington Post. ”

Anda perlu memperbaiki atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh.” Untungnya, ada beberapa makanan dan minuman untuk mengobati flu yang bisa membantu memperbaiki dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda saat melawan virus flu atau pilek.

Makanan & Minuman Untuk Mengobati Flu:

1. Sup Ayam

Kuah hangat dari sup dapat membantu mempercepat pergerakan lendir melalui hidung yang berguna untuk mengatasi hidung yang tersumbat.

Kandungan garam pada kaldu sup membantu mencegah dehidrasi saat Anda terkena flu. Daging ayam mengandung protein, protein berguna untuk membantu memulihkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Bawang Putih, Bawang Merah, & Daun Bawang

Ingin menambahkan lebih banyak manfaat ke sup ayam Anda? Tambahkan banyak bawang putih, bawang merah, dan daun bawang. Gabungan, mereka mengandung puluhan senyawa antiseptik dan kekebalan yang memiliki spektrum luas.

Sebuah studi terhadap 142 dibagi menjadi kelompok yang mengkonsumsi plasebo (obat palsu atau obat kosong yang berisi serbuk laktosa) dan kelompok yang mengkonsumsi suplemen bawang putih.

Mereka yang mengkonsumsi plasebo memiliki 65 pilek, sementara kelompok yang mengkonsumsi bawang putih hanya memiliki 24 pilek. Kelebihan lain dengan bawang putih adalah membantu membuka sinus tersumbat.

3. Protein

Seperti disebutkan di atas, protein dapat membantu memulihkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Usahakan mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, dada ayam, susu, daging sapi, kacang almond, udang dan keju.

4. Jus Buah

Jika Anda sedang tidak nafsu makan saat sedang flu, jus buah adalah jawaban yang tepat, selain rasanya yang enak jus buah juga kaya akan manfaat yg dapat membantu Anda untuk mengatasi flu.

Jus jeruk, jus apel, jus pepaya, jus stroberi dan jus buah-buahan lainya, mengandung mineral, antioksidan dan vitamin yang dapat membantu tubuh Anda untuk menghilangkan flu.

Minum air putih saja sebenarnya dapat membantu mengatasi flu akan tetapi lebih bagus lagi jika mencampurkanya dengan buah-buahan segar atau menjadikanya jus. Jika dicampur dengan buah atau jus akan membantu mengisi elektrolit tubuh Anda.

5. Teh

Teh hangat bisa membantu dengan cara yang sama seperti sup ayam. Dan teh tertentu, seperti teh hijau, memiliki antioksidan untuk membantu melawan pilek pada tubuh Anda.

Hindari minuman berkafein karena dapat membuat Anda lebih terjaga, yang mungkin akan mengganggu waktu tidur Anda.

6. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan sumber beta karoten yang sangat baik. Tubuh mengubah beta karoten menjadi vitamin A setelah dikonsumsi, yang merupakan nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat, menurut National Institute of Health.

7. Jahe

Jahe akan melakukan lebih dari sekedar menenangkan tenggorokan gatal. Jahe mengandung zat kimia yang disebut seskuiterpen yang secara khusus menargetkan rhinovirus, keluarga virus flu paling umum, serta zat yang menekan batuk.

Jahe juga merupakan penenang rasa sakit yang alami dan peredam demam, sehingga bisa membantu Anda beristirahat saat Anda sakit.

Jika telah melakukan hal-hal di atas tetapi flu Anda tidak sembuh, Anda harus menanyakan ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan terjadi.

Leave a Comment