7 Cara Alami Yang Ampuh Mengobati Nyeri Radang Sendi Tanpa Obat

Nyeri sendi dapat di sebabkan oleh aktivitas sehari-hari yang terlalu berat. Faktanya, nyeri sendi dapat terjadi di bagian manapun pada tubuh. Pada seseorang yang telah lansia, nyeri sendi biasa terjadi karena tubuh lambat memproduksi sel-sel baru. Ketika Anda semakin tua, nyeri sendi semakin umum terjadi. Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan nyeri sendi, termasuk rheumatoid, arthritis, bursitis, osteoarthritis, keseleo, asam urat dan cedera lainnya berikut ini akan saya jelaskan bagaimana cara mengatasi nyeri sendi tanpa obat.

Harap dipahami bahwa cara-cara alami yang akan di bahas berikut ini, ditujukan bagi Anda yang terkena radang sendi ringan atau gejala sakit yang ringan, untuk penyakit sendi yang parah sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, karena pada kasus seperti ini biasanya cara alami digunakan sebagai pelengkap atau penunjang agar pasien tidak selalu bergantung dengan obat.

Cara Alami Mengatasi Nyeri Radang Sendi:

1. Rutin Berolahraga

Ada lebih banyak sekali manfaat berolahraga bukan hanya sekedar dapat menurunkan berat badan. Gerakan-gerakan tubuh yang di lakukan saat berolahraga membantu mempertahankan fleksibilitas dalam sendi untuk mengatasi kaku sendi.

Namun Anda harus berhati-hati, olahraga yang menahan beban badan seperti marathon atau berlari justru dapat merusak sendi. Sebaliknya, cobalah laukan olahraga low impact, contohnya; aerobik, bersepeda atau berenang untuk melenturkan sendi tanpa menambah beban lebih lanjut.

2. Pemijatan

Pijatan perlahan pada sendi yang rematik dapat membantu mengurangi rasu kaku dan juga rasa sakit. Oleh karena itu berkonsultasilah dengan ahli pijat untuk mengetahui cara memijat diri sendiri yang benar, atau Anda juga dapat menggunakan jasa ahli pijat yang telah berpengalaman dalam masalah ini.

NB: Gunakanlah jasa terapis pijat yang berpengalaman untuk menangani nyeri sendi

3. Menurunkan Berat Badan

Berat badan memiliki dampak yang begitu besar terhadap sendi, karena jika Anda memiliki berat badan yang berlebihan otomatis sendi Anda akan menahan beban yang berat, yang dapat menyebabkan kerusakan sendi seperti, radang atau nyeri sendi.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya menurunkan berat badan Anda agar memiliki berat bada yang ideal. Jika berhasil menurunkan berat badan, maka akan mengurangi nyeri, meningkatkan mobilitas, dan mencegah kerusakan sendi lebih lanjut.

4. Memakai Minyak Kayu putih

Minyak kayu putih dapat Anda gunakan untuk mengobati masalah nyeri pada sendi. Minyak kayu putih mengandung tanin, yang berfungsi untuk membantu dalam mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang di sebabkan nyeri sendi.

Cara penggunaanya cukup mudah, Anda hanya cukup mengoleskannya pada sendi yang sedang mengalami radang sendi.

4. Menggunakan Kunyit

Kunyit adalah salah satu bahan yang sering di jumpai di dapur dan juga sebagai tambahan bumbu makanan. Kunyit mengandung bahan kimia yang disebut curcumin yang ber-sifat anti inflamasi yang berguna untuk mengurangi rasa sakit radang sendi.

Cara penggunaanya cukup mudah, Anda hanya cukup menumbuk kunyit hingga menjadi bubuk, lalu oleskan pada sendi yang sedang mengalami radang sendi.

5. Air garam

Pasti di rumah Anda memiliki garam, yang fungsinya untuk penyedap makanan sehari-hari. Anda juga dapat menggunakan garam untuk mengatasi nyeri sendi.

Caranya; Tuangkan air hangat di baskom berukuran sedang, yang muat untuk Anda celupkan bagian tubuh yang nyeri. Lalu tambahkan 3 sendok teh garam, pada air hangat hingga larut, setelah itu masukan bagian sendi yang nyeri.

6. Menggunakan Air Dingin & Air Hangat

Perawatan sederhana dengan memanfaatkan suhu panas yang terdapat pada air panas, dan suhu dingin yang terdapat pada air dingin dapat membantu mengatasi kaku dan nyeri sendi. Terapi menggunakan air hangat untuk mengatasi kaku sendi, sedangkan terapi dingin untuk mengatasi rasa nyeri.

Terapi hangat bisa dilakukan dengan cara mengompress sendi dengan kain yang dibasahi dengan air hangat, atau dengan cara merendam bagian tubuh yang kaku pada air hangat. Begitu pula sebaliknya, terapi dingin bisa dilakukan dengan cara mengkompres bagian sendi yang nyeri dengan air dingin, namun tidak dengan cara mandi air dingin.

7. Menggunakan Kunyit

Obat nyeri yang satu ini biasa digunakan untuk membuat kari, yaitu bubuk kunyit. Tidak seperti jenis tumbuhan lainnya, National Center for Complementary and Alternative Medicine telah menemukan bahwa kunyit dapat bekerja terbaik dalam memerangi nyeri sendi ketika diambil secara efektif.

Studi laboratorium penelitian tersebut melakukan uji kunyit pada tikus, dan hasilnya menemukan bahwa ramuan bubuk kunyit dapat memperlambat perkembangan nyeri pada sendi-sendi tulang.

Leave a Comment