6 Olahraga Yang Aman & Bagus Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Berikut Adalah Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil:

Ada baiknya jika Anda berkonsultasikan dengan dokter sebelum memulai program olahraga apapun. Jika Anda mendapatkan lampu hijau untuk berolahraga, pastikan untuk tidak memaksakan tubuh Anda. Jangan berlebihan – berhenti jika sakit atau merasa tidak nyaman. Banyak gym yang dirancang khusus untuk ibu hamil dan memiliki instruktur yang akan memberikan panduan untuk berolahraga dengan benar dan aman jadi ibu hamil tidak perlu khawatir dan tentunya olahraga ini aman untuk ibu hamil.

1.  Berjalan (joging)

Berjalan santai adalah salah satu olahraga jantung terbaik untuk ibu hamil, berjalan membuat tubuh Anda bugar.

2.  Berenang

Penyedia layanan kesehatan merekomendasikan berenang sebagai olahraga terbaik dan teraman untuk ibu hamil.

Berenang sangat ideal karena melatih sekumpulan otot besar Anda (lengan dan kaki), yang akan meningkatkan denyut jantung, mengurangi pembengkakan, dan membuat tubuh Anda ringan karena sedang berada di dalam air. Hal ini akan membantu ibu hamil yang sedang mengalami nyeri punggung.

3.  Senam Aerobik

Senam Aerobik dapat memperkuat jantung dan meningkatkan stamina tubuh Anda. Walaupun senam aerobik dapat Anda lakukan di rumah (Lihat juga: Vidio senam untuk ibu hamil)

Saya sarankan Anda mengikuti kursus senam ibu hamil, karena Anda akan di dampingi instruktur yang berpengalaman dan tentunya akan jauh lebih aman.

4.  Peregangan

Peregangan adalah cara yang bagus untuk menjaga tubuh Anda lentur dan rileks serta mencegah ketegangan otot. Lakukan peregangan sebelum berolahraga untuk menghindari cidera dan mendapatkan manfaat tambahan dari berolahraga.

5.  Angkat Beban

Selama Anda melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan dan menggunakan teknik yang baik (artinya gerakan lambat, terkontrol dan tidak terlalu berat), latihan angkat beban adalah cara yang bagus untuk memperkuat otot Anda yang akan membantu proses persalinan.

6.  Yoga

Untuk menjaga kebugaran, Anda dapat mengikuti kelas yoga dengan panduan instruktur. Yoga sangat bermanfaat dalam menjaga kebugaran, melatih pernafasan dan relaksasi sehingga ibu hamil lebih siap untuk menghadapi proses persalinan.

Manfaat Berolahraga Saat Sedang Hamil

Berolahraga saat sedang hamil, sangat baik untuk kesehatan. Hal ini dapat meningkatkan mood, memperbaiki tidur, dan mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Ini juga mempersiapkan Anda untuk melahirkan dengan memperkuat otot dan membangun daya tahan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga menjelang kelahiran juga dapat mengurangi risiko perkembangan diabetes gestasiol dan preeklampsia.

Jika Anda telah di diagnosis menderita diabetes gestasional, olahraga dapat membantu Anda mengatasi hal tersebut dan mencegah komplikasi.

Olahraga sangat bermanfaat untuk ibu hamil, American College of Obstetricians merekomendasikan agar ibu hamil berolahraga minimal 20 sampai 30 menit sehari dengan intensitas sedang.

Jangan terlalu memaksakan diri Anda jika tidak mampu melakukanya

Leave a Comment