6 Bahan Alami yang Akan Buat Rambut Sehat dan Badai!

Apakah kamu ingin punya rambut sehat nan badai?

Pasti Teman Sehat—khususnya yang cewek-cewek nih—sedih kalau rambutnya rontok, bercabang, atau kusam. Apalagi kalau ternyata ada yang salah memilih produk perawatan rambut. Duh, pasti sakitnya tuh di sini!

Nah, makanya Teman Sehat harus tau nih bahan apa aja yang memang bersahabat untuk rambut. Kira-kira bahan apa saja ya?

Daripada bingung, yuk simak 6 bahan alami yang harus kamu temukan dalam produk perawatan rambut kamu supaya rambut sehat dan makin badai!

1. Lemak shea

Lemak shea (shea butter) merupakan sejenis lemak berwarna putih gading yang diekstrasi dari kacang-kacangan yang berasal dari pohon Shea di Afrika. Bahan ini merupakan kondisioner alami buat menyempurnakan rambut kamu. Teman Sehat bisa dengan mudah menemukannya di shampo hingga krim untuk rambut keriting.

Fungsi lemak shea adalah untuk menjaga kelembapan dan membantu memperbaiki rambut rusak. Teman Sehat juga ngga perlu khawatir kulit kepala rusak, karena lemak ini justru dapat menghaluskan kulit kepala kamu. Kece kan!

2. Minyak kelapa

minyak kelapa

Jika rambut Teman Sehat cenderung rusak atau terasa kering, coba deh produk dengan minyak kelapa (coconut oil). Bahan ini bekerja pada batang rambut, mulai dari luar hingga gelungan yang rapuh. Selain itu, minyak kelapa juga bisa digunakan sendiri sebagai bahan sebelum menggunakan shampo loh. Teman Sehat Ingin mencoba?

3. Minyak jojoba

Minyak jojoba (jojoba oil) dapat menjadikan rambutmu lembut, bercahaya, dan membuat rambut tebal tanpa berminyak. Selain itu, minyak ini dapat menjadi pengering kulit kepala yang sempurna. Jadi, Teman Sehat tak perlu khawatir rambut menjadi apek karena keringat.

4. Minyak zaitun

minyak zaitun

Kalau mendengar minyak zaitun (olive oil) pasti Teman Sehat terpikir bahan untuk masak. Eits, jangan salah. Minyak zaitun kaya dengan bahan yang dapat memelihara kulit kepala dan memperbaiki elastisitas rambut. Makanya, Teman Sehat ngga perlu kaget kalau minyak zaitun sering ditemukan dalam produk perawatan, serum, atau gel untuk rambut.

5. Lidah buaya

Lidah buaya atau Aloe vera merupakan penyeimbang keasaman (pH balanced) yang menjadi bahan utama untuk mendukung pertumbuhan rambut, melembapkan, dan menghilangkan ketombe. Ketika dicampur dengan air, Teman Sehat juga dapat menggunakannya sebagai pengurai rambut keriting dan pencegah rambut kusut loh! Jadi, buat yang ingin menyehatkan sekaligus meluruskan rambut, boleh nih dicoba!

6. Madu

madu

Selain sebagai bahan makanan dan obat, madu ternyata juga digunakan sebagai bahan perawatan rambut dan kecantikan sejak zaman dahulu loh. Fungsinya adalah sebagai kondisioner alami dan pelembab. Bahan ini banyak ditemukan dalam produk minyak rambut, shampo, dan kondisioner yang dapat membuat rambut Teman Sehat semua bercahaya dan halus. Jadi, jangan sampai ketinggalan buat coba bahan yang satu ini ya!

Itulah keenam bahan alami yang bisa buat rambut sehat dan badai! Selamat mencoba!

Leave a Comment