11 Tips Tidur Tanpa Cemas

Seorang penulis ternama, Paulo Coelho, pernah menulis, “Apakah kesuksesan itu? Kesuksesan adalah bisa pergi tidur setiap malam dengan jiwa yang damai”. Kenapa? Karena tidur yang damai menandakan bahwa kita ngga punya beban hidup, minimal dalam hari itu. Nah, pertanyaannya: apakah tidur Teman Sehat selama ini udah tenang dan damai?

tidur tanpa cemas

Tidur merupakan sarana yang diberikan oleh Tuhan buat memulihkan tenaga dan jiwa kita setelah lelah beraktivitas. Tetapi, banyak loh orang yang ngga bisa tidur karena mengalami kecemasan. Jangan pernah menganggap enteng ya, karena itu adalah masalah.

Terlalu sedikit tidur akan mengakibatkan gangguan mood, gampang marah, dan bahkan terkadang depresi. Hal itu akan memengaruhi performa kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari, misalnya mengantuk di tempat kerja atau lemah lesu saat menjalani aktivitas.

Teman Sehat pasti ngga mau hari-harinya terganggu hanya karena susah tidur kan? Nah, berikut ini adalah 11 tips dari Harvard Health supaya kita terbebas dari kecemasan sebelum tidur.

  1. Biasakan sleep hygiene, misalnya menggosok gigi sebelum tidur, mencuci muka dan kaki, atau berwudhu bagi yang Muslim.
  2. Tidur dan bangun dengan waktu yang sama setiap hari, termasuk pada akhir pekan. Jadi, meskipun akhir pekan, jangan biasakan begadang ya.
  3. Saat siang hari, usahakan keluar rumah ketika matahari masih bersinar paling ngga 30 menit setiap harinya. Hal itu dapat membantu kita mengatur pola tidur.
  4. Olahraga secara rutin, tapi jangan terlalu deket menjelang waktu tidur. Waktu ideal untuk olahraga adalah sore hari.
  5. Biasakan tidur siang sebentar, kurang dari satu jam. Serta hindari tidur setelah pukul 3 sore.
  6. Hindari mengonsumsi kafein (yang ditemukan dalam kopi, teh, coklat, dan beragam softdrink) karena kafein baru akan hilang dari tubuh setelah 8 jam.
  7. Hindari makan dan minum terlalu banyak beberapa jam sebelum tidur.
  8. Kalau Teman Sehat merokok, segera berhenti. Rokok menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk mengganggu pola tidur dengan beragam cara.
  9. Kondisikan kamar tetap sejuk, gelap, dan sunyi tanpa adanya gangguan seperti televisi atau komputer. Hindari penggunaan alat elektronik buat membaca di ranjang, karena cahayanya dapat membuat otak kita berpikir bahwa itu adalah siang hari. Kalau kasur kamu kurang nyaman, segera ganti.
  10. Membaca, mendengar musik, atau relaksasi sebelum tidur dengan mandi air hangat atau nafas dalam juga dapat membantu Anda tertidur.
  11. Terakhir, jika Teman Sehat belum tertidur dalam 20 menit setelah berusaha memulainya, ada baiknya turun dari tempat tidur dan lakukan sesuatu yang membuat kamu mengantuk.

Itu tadi adalah beberapa tips buat menghilangkan kecemasan sebelum tidur. Teman Sehat bisa mencobanya satu-persatu, atau bisa juga sekaligus. Yang jelas, jangan sampai gangguan tidur merusak hari-hari kita ya. Good luck, Teman Sehat buat tidur tanpa cemas!

Leave a Comment