10 Manfaat Penting Buah Nanas Untuk Kesehatan

Manfaat kesehatan dari buah nanas adalah, untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pernapasan, memperlancar pencernaan, memperkuat tulang, mengurangi peradangan, menyembuhkan batuk pilek…

…untuk menurunkan berat badan dan lainya, ada banyak sekali manfaat atau khasiat dari buah nanas, terutama bagi kesehatan .

 
Nanas adalah buah tropis yang lezat, dan telah di konsumsi selama berabad-abad tidak hanya untuk cita rasa yang enak namun juga untuk manfaat kesehatannya, untuk mengetahui manfaat nanas lebih lengkap. silahkan simak artikel berikut.
.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan:

1.  Meningkatkan Imunitas (kekebalan tubuh)

Satu porsi nanas memiliki lebih dari 130% kebutuhan vitamin C harian untuk manusia.

Vitamin C membantu mengurangi penyakit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk menjaga dari efek berbahaya radikal bebas.

Radikal bebas adalah produk sampingan berbahaya dari metabolisme sel yang dapat merusak berbagai sistem organ dan mengganggu fungsi, serta menyebabkan sel sehat bermutasi menjadi kanker. Kandungan vitamin C dari nanas akan membantu melawan radikal bebas.

2.  Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah nanas membantu Anda menyembuhkan luka dengan cepat, selain itu kandungan vitamin C pada buah nanas juga dapat melindugi tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

Nanas telah terbukti dapat mencegah kanker pada mulut, tenggorokan, dan payudara, karena nanas mengandung berbagai antioksidan lainnya yang dapat mencegah kanker, termasuk vitamin A, beta karoten, dan berbagai senyawa flavonoid.

4.  Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi nanas secara teratur dapat melindungi Anda dari sejumlah kondisi kesehatan pencernaan contohnya diare, iritasi usus besar dan lainya.

Nanas, kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan makanan melalui saluran pencernaan pada tingkat normal. Contohnya dapat membantu buang air besar agar menjadi lebih lancar.

5.  Mengobati Batuk Serta Menghilangkan Dahak

Nanas kaya akan vitamin C, oleh karena itu mengonsumsi nanas membantu dalam mencegah dan mengobati batuk serta menghilangkan dahak dari tenggorokan.

6.  Meningkatkan Kesehatan Tulang

Meskipun nanas tidak terkenal karena memiliki kandungan yang kaya akan kalsium, Namun ternyata nana juga mampu meningkatkan kesehatan tulang.

Di karenakan pada buah nanas mengandung mineral yang penting untuk memperkuat tulang, juga pertumbuhan dan perbaikannya. Satu porsi buah nanas memberi Anda lebih dari 70% kebutuhan mineral Anda setiap hari.

7.  Memperkuat Gusi dan Ggi

Nanas memiliki senyawa antioksidan yang dapat mencegah kanker mulut, selain itu senyawa ini juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu nanas juga memiliki sifat astringent, yang dapat memperkuat gusi dan gigi.

 

8.  Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah organ sensoris yang paling penting dari manusia dan  nanas memiliki kemampuan untuk memperbaiki kesehatan mata dan mencegah penyakit mata. Walaupun demikian buah wortel adalah buah terbaik untuk menjaga kesehatan mata.

9.  Mengatur Tekanan Darah

Nanas adalah sumber mineral yang sangat berharga, dan potassium ada di antara keduanya. Kekurangan potasium dapat menyebabkan berbagai bahaya kesehatan.

Tindakan vasodilator potassium memudahkan ketegangan dan tekanan pembuluh darah, dan meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh. Bila pembuluh darah Anda rileks, tekanan darah berkurang dan aliran darah tidak terlalu terbatas.

Hal ini dapat mencegah penggumpalan darah yang menghalangi aliran darah dan dapat mengurangi akumulasi plak di arteri dan pembuluh darah.

Selain itu buah nanas juga dapat  membantu mencegah kondisi seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Jadi makan nanas sangat bagus untuk kesehatan jantung!

10.  Meningkatkan Sirkulasi Darah

Dalam manfaat yang terkait dengan potensi vasodilasi potassium, nanas juga menyediakan tubuh dengan tembaga, mineral penting lainnya yang berfungsi dalam sejumlah reaksi enzimatik dan senyawa dalam tubuh.

Yang paling menonjol, tembaga merupakan elemen penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. Jumlah sel darah merah yang tinggi akan meningkatkan oksigenasi ke berbagai sistem organ dan membuatnya berfungsi dengan optimal.

Ini juga meningkatkan kemampuan kognitif dan dapat mempertahankan jalur saraf untuk mencegah gangguan saraf seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

Leave a Comment