Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil

Air kelapa muda. Apa yang terlintas ketika mendengarnya? Tentu saja kesegarannnya yang dapat melepas dahaga. Ternyata, air kelapa tidak hanya melepas dahaga tapi juga kaya akan manfaat. Pada saat hamil, saya mulai rutin minum air kelapa sejak usia 5 bulan. Ada yang mengatakan jika minum air kelapa saat hamil akan membuat kulit bayinya menjadi putih dan rambutnya akan subur dan bagus. Ini adalah mitos ya, bumils. Karena berdasarkan literatur, belum ada penelitian tentang pengaruh air kelapa bagi putih tidaknya kulit bayi.

Para ahli mengatakan, air kelapa mengandung elektrolit dan antioksidan. Kandungan elektrolit dalam air kelapa sangat baik dalam mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi. Garam alami pada tubuh dapat digantikan dengan air kelapa karena mengandung garam alami seperti natrium, potasium, dan klorida.

Selain dari buah dan suplemen, antioksidan dapat diperoleh dari air kelapa. Air kelapa mengandung asam laurat yang merupakan antiviral, antibakteri, dan antijamur. Asam laurat ini yang akan membantu sistem pertahanan tubuh. Saat ini kondisi lingkungan yang semakin buruk, polusi dimana-mana dan apalagi saya bekerja di rumah sakit yang banyak sekali kuman di sana, maka antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh.

Manfaat air kelapa yang lain adalah membuat air ketuban menjadi bersih dan jernih. Zat dalam kelapa muda dapat menyerap lendir dan kotoran dalam air ketuban.

Air kelapa yang cocok untuk diminum adalah air dari kelapa muda dan air kelapa hijau. Air kelapa yang daging buahnya masih tipis dan belum terlalu mengeras dan menebal. Bagaimana membedakan kelapa hijau dengan kelapa muda biasa? Perbedaannya terletak dari warna kulit kelapa yang lebih hijau, dan sabut kelapa yang memiliki unsur warna pink apabila dikupas. Kelapa hijau mengandung elektrolit dan antioksidan lebih banyak dari kelapa muda biasa.

Sebaiknya ibu memastikan bahwa air kelapa yang diminum berasal langsung dari buah kelapa yang muda dan segar. Jika membeli, sebaiknya pemotongan kelapa dilakukan di depan ibu dan dibawa langsung bersama kulitnya. Minumlah segera tanpa campuran apapun (gula atau sirup). Hentikan mengonsumsi air kelapa jika bumils tidak menyukai rasanya atau justru membuatnya tidak nyaman. Dan jangan lupa, makan nasi dulu sebelum minum air kelapa dan pastikan air putih tetap menjadi minuman utama ya bumils

Leave a Comment