10 Kemampuan yang Wajib Kita Kembangkan di Masa Muda

Saat kita muda kita perlu mengembangkan beberapa kemampuan. Kemamupuan ini dapat bermaaat untuk tetap bertahan dan encapai kesuksesan dalam kehidupan. Apa saja kemampuan yang perlu dikembangkan? Mari kita bedah 10 Kemampuan yang wajib kita kembangkan di masa muda.

1. Kemampuan untuk memahami diri sendiri sepenuhnya

Apa yang bisa kita lakukan. Apa yang tidak bisa. Apa kelebihan kita. Apa kekurangan kita. Bakat minat kita apa. Apa yang membuat kita marah dan kesal. bagaimana cara kita berdamai dengan kekecewaan. Apa yang membuat kita bahagia dan senang. Apa definisi kesuksesan buat kita? Dan seterusnya.

2. Kemampuan ber-jejaring (networking)

Di negara yg menjunjung tinggi nilai dari “orang dalam” kemampuan berjejaring jadi amat sangat penting.

3. Kemampuan berkomunikasi

Belajarlah bagaimana caranya menyampaikan sesuatu sesuai dengan proporsinya, dalam hal apapun. Minimnya komunikasi akan menimbulkan curiga. Curiga akan menjadikan prasangka. Dan prasangka akan membuatnya menjadi fitnah.

4. Kemampuan untuk membaca situasi

Kapan harus diam, kapan harus berbicara. Kapan harus agresif, kapan harus menahan diri. Kapan harus Berangkaaaattt.

5. Kemampuan untuk membaca karakter orang lain

Jadi kita bisa menentukan strategi pendekatan apa yang pas untuk masing-masing karakter.

6. Kemampuan untuk menghargai orang lain

Ini kemampuan yang pengembangannya sebenarnya sepaket dengan kemampuan untuk memahami diri sendiri. Semakin tinggi pehamanan kita terhadap diri kita, semakin kita menghargai perbedaan, emosi dan nilai yang dipegang oleh orang lain. Karena bagaimana pun orang lain tidak akan sama dengan kita. 3 unsur pembentuk nya pun beda. 3E : Environtment, Education, Experience.

7. Kemampuan untuk menikmati waktu dan hidup kita.

Nikmati waktu dan hidup kita. Sekali-kali Berjalan-jalanlah, berliburlah, berkumpul dengan teman, main DOTA2, makanlah makanan enak yang kita inginkan, bacalah buku-buku yang kita sukai.
Jika kita tipe orang yang merasa bersalah jika berleha – leha dan membuang waktu, lalu berkerja keraslah dan ciptakan milestone atau minigoals yang setiap mencapaiannya membuat kita merasa hal tersebut pantas untuk di rayakan, self Reward.

8. Kemampuan untuk mengakui kesalahan kita

Berdamailah dengan diri kita. Dulu kita pernah Bodoh sehingga gampang ditipu orang, percaya pada orang yang salah, pernah mengambil keputusan besar yang berakibat buruk untuk kita. Maafkan lah kita yang dulu.

9. Kemampuan untuk menerima pujian

Entah kenapa banyak orang yang masih gagap dalam pujian. Klo dipuji wuih keren banget bro, jago banget bro, lo mah emang mastah dah. Langsung auto jawab:
“ah apalah gw, cuma remah rengginang”
Wkwk.

10. Kemampuan untuk melepaskan hal – hal yang memang bukan untuk kita.

Let it go.. Let it gooo..
Dalam hal apapun : bisnis, uang, harta. hubungan asmara, pertemanan, impian semasa muda, cita – cita lama, balas dendam, kena scam, ditipu orang, atau hal atau barang apapun yang seharusnya menjadi milik kita.
Klo kata denny caknan:
Ojo Nangis, sing uwis yo uwis, sing ilang ben ilang.

Leave a Reply